TNI, Lembaga Paling Digandrungi Anak Muda

Paling Dipercaya : TNI menjadi lembaga paling dipercaya anak muda menurut hasil survei CSIS pada Agustus 2022. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Pelitabaru.com

Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) menjadi lembaga negara paling dipercaya anak muda. Hal itu merupakan hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS). Di bawahnya ada Presiden dan Mahkamah Agung.

Survei CSIS ini dilakukan pada 8-13 Agustus 2022 ini melibatkan 1.200 responden berusia 17-39 tahun yang diasumsikan sebagai pemilih muda di 34 provinsi dengan margin of error +/-2,84% pada tingkat kepercayaan 95%.

“Kalau kita lihat lembaga yang top 3 sekarang ada TNI 93,5% publik percaya terhadap TNI, kemudian Presiden di bawahnya ada 86,4%; baru Mahkamah Agung (MA) 80,7%. Jadi survei ini tentu dilakukan sebelum ada kasus di MA ya,” kata Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes saat paparkan hasil survei secara darjng, Senin (26/9/2022).

Di bawah MA, lembaga lain yang meraih kepercayaan publik yaitu Kejaksaan Agung (Kejagung) 80,5%; Mahkamah Konstitusi (MK) 79,9%; Komisi Pemilihan Umum (KPU) 75,1%; dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 74,5%.

Sementara itu, kata Arya, terdapat empat lembaga negara yang mendapat persepsi kepercayaan publik paling rendah seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saat survei ini dilakukan orang yang percaya dengan KPK itu hanya 71,6%. Yang di bawah rata-rata lagi ada Polri itu ada 67,8% kemudian DPD dan DPR,” terang Arya.

Terlepas dari itu, tingkat kepercayaan publik terhadap 11 lembaga negara itu masih relatif baik.

“Dari 11 lembaga negara itu rata-rata kepercayaan publiknya di angka 75,3%,” terang Arya.

Sebelumnya, dalam survei Trust Indonesia Research and Consulting juga mengukur tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga negara. Lagi-lagi, TNI menduduki peringkat pertama.

“Tingkat kepercayaan paling tinggi terhadap TNI sebesar 90,8 persen,” kata Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal dalam memaparkan hasil surveinya secara daring.

Baca Juga :  Kapolri Pimpin Sertijab Delapan Kapolda

Selanjutnya, Presiden berada di peringkat kedua dengan tingkat kepercayaan sebesar 86,3 persen. Lalu, Polri menduduki peringkat ketiga sebesar 79,8 persen. Di posisi keempat, diisi Mahkamah Agung (MA) sebesar 78,1 persen.

Di peringkat kelima, terdapat MPR dengan tingkat kepercayaan publik sebesar 78,0 persen. Kemudian, Bawaslu RI sebesar 77,2 persen. Dan Mahkamah Konstitusi (MK) sebesar 76,8 persen.

Menyusul MK, terdapat Komnas HAM dengan tingkat kepercayaan publik sebesar 76,6 persen. Di peringkat kesembilan, ada KPU RI dengan tingkat kepercayaan sebesar 76,4 persen.

“Selanjutnya, KPK sebesar 75,6 persen,” ujarnya.

Di bawah lembaga antirasuah, terdapat Kejaksaan RI sebesar 74,3 persen. Disusul DPD RI sebesar 73,7 persen, dan DPR RI sebesar 70,8 persen.

“Partai politik paling bawah dengan 68,2 persen,” tutur dia.

Untuk diketahui, Trust Indonesia Research and Consulting telah melakukan survei ini pada tanggal 3-12 Januari 2022 secara tatap muka langsung. Adapun, sebanyak 1.200 responden yang dipilih untuk mengikuti survei ini.

Sementara, teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling, dengan menetapkan margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (sin/fuz/*)

Tags: , ,