PIS Ungkap Kondisi Ade Armando

Jakarta, pelitabaru.com

Wakil keluarga Ade Armando sekaligus Sekretaris Jenderal Pergerakan Indonesia untuk Semua (PIS), Nong Darol Mahmada, mengungkapkan kondisi terkini Ade.

Diketahui, Ade Armando menjadi korban pengeroyokan saat aksi demonstrasi berlangsung di depan Gedung DPR RI Senin (11/4/2022).

Nong menyebut, secara umum kondisi Ade saat ini baik, dan masih dirawat di ruang HCU, serta terus dipantau oleh tim dokter.

“Sampai siang ini kondisi Ade masih seperti kemarin di ruang HCU belum ada kabar pindah atau apa, jadi masih di ruang intensif untuk dipantau terus pemulihannya oleh tim dokter,” kata Nong.

Selain itu, Nong mengungkapkan bahwa komunikasi Ade Armando lancar, bahkan ia sempat mengobrol dan tertawa.

Tim dokter yang menangani Ade Armando, dr. Dita pun membenarkan bahwa Ade dilarikan ke emergency RS Siloam Semanggi pada Senin sore,. Pihaknya mengatakan, Ade saat itu juga langsung diberikan penanganan.

Terkait kondisi terkini Ade, dokter Dita tidak mengungkapkan lebih detail karena alasan privasi pasien. Ia menegaskan, Ade saat ini dalam pengawasan dokter ahli.

Selain itu, dokter Dita menyebut bahwa selama pandemi, rumah sakit memiliki jam besuk sehingga Ade tidak bisa bebas dijenguk oleh keluarga atau pun kerabat.

“Jadi harus skrining periksa swab dan sebagainya. karena ini rumah sakit banyak pasien lain yang sakit dan belum ada jam besuk,” kata dokter Dita.

Adapun, mengenai kronologi insiden pengeroyokan Ade Armando, pihaknya belum berani menanyakan hal itu. Nong menegaskan, jika terlalu banyak pertanyaan dapat memunculkan trauma.

Sementara itu, kuasa hukum Ade Armando, Muanas Alaidid Assosiated mengungkapkan kronologi pengeroyokan yang dialami Ade Armando.

Muanas menegaskan, kedatangan Ade ke gedung DPR RI murni untuk mendukung mahasiswa yang menolak wacana 3 periode Presiden Jokowi.

“Jadi kedatangan Ade yang beredar bilang untuk provokasi dan sebagainya, gak ada, kedatangan (Ade) ke gedung DPR murni dukung mahasiswa,” ungkap Muanas.

Baca Juga :  Jokowi Tak Bosan Sebut Prabowo Presiden Mendatang

Kemudian, saat Ade di gedung DPR sempat diwawancarai oleh wartawan dan video viral yang menunjukkan ibu-ibu mencoba memprovokasi massa.

Karena situasi sudah tidak kondusif, kata Muanas, Ade sempat ingin keluar dari kerumunan. Namun, saat ingin keluar dari kerumunan, justru terjadi insiden pemukulan yg dilakukan beberapa orang.

“Kami yakin yang pemukulan ini bukan para mahasiswa karena ada mahasiswa yang juga kita lihat sampai buat barikade untuk halangi pelaku agar tidak keroyok Ade,” ujar Muanas.

Muanas menegaskan, Ade datang ke gedung DPR RI tidak diundang, melainkan murni panggilan hati.

“Karena beliau tolak wacana 3 periode mahasiswa ada kegiatan demo jadi sepemahaman dengan mahasiwa mau beri dukungan,” ungkap Muanas.

Muanas menambahkan, Ade diperiksa oleh penyidik saat di rumah sakit pada hari pertama. Ia ditanyai seputar kronologi pemukulan yang menimpanya.

Saat ini, polisi telah memeriksa 4 saksi di PMJ dan dikabarkan dua pelaku telah ditangkap, sedangkan 4 lainnya masih dalam pencarian.

“Keempat pelaku kami harap cepat tertangkap agar jadi pembelajaran masyarakat bahwa demo murni mahasiswa jangan ada pihak kotori dan dompleng,” ucap Muanas.

Terkait video ibu-ibu viral dan foto pria yang menandai Ade Armando, Muanas menyebut polisi memiliki data bukti. Pihaknya kini menyerahkan kasus tersebut kepada polisi. Muanas menegaskan, siapapun dalang pengeroyokan terhadap Ade, harus ditindak.

Adapun, soal Ade datang ke aksi demo untuk membuat keputusan mahasiswa tereduksi, Muanas tegas menyebut bahwa Ade datang untuk menolak wacana 3 periode dan murni untuk mendukung mahasiswa.

“Dari awal gak ada karena yang dia tahu itu demo mahasiswa dan sejalan dengan pemahaman Ade, jadi ikut turun,” pungkas Muanas.(haf)

Tags: