Pentingnya Duta Baca Tularkan Budaya Literasi

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jabar Kim Agung dan Bunda Literasi Jabar Amanda Soemedi Bey Machmudin saat pengukuhan Paguyuban Duta Baca Jawa Barat periode 2024 - 2026 di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (10/6/2024). (Humas Pemprov Jabar)

Bandung, Pelitabaru.com

Paguyuban Duta Baca Jawa Barat periode 2024 Р2026 dikukuhkan di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (10/6/2024). Pengukuhan dilaksanakan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jabar Kim Agung dan disaksikan Bunda Literasi Jabar Amanda Soemedi Bey Machmudin.

Amanda mengatakan, kehadiran Duta Baca Jabar di tengah masyarakat dapat menjadi wadah, energi dan cara baru menggeliatkan gemar membaca dan berliterasi secara dinamis.

“Hari ini saya menyaksikan langsung para pemuda yang memilki semangat tinggi untuk berkegiatan positif,” kata Amanda.

Ia mengungkapkan, saat ini Jabar  memiliki tingkat kegemaran membaca yang melebihi target nasional, yakni 70,47 persen. Rata-rata nasional sebesar 66,67 persen.

“Nilai ini menunjukkan bahwa Jabar menempati posisi ke-3 dari 38 provinsi,” ungkapnya.
Amanda menuturkan, literasi merupakan hal yang perlu dipupuk sejak dini agar menjadi kebiasaan di masa mendatang.

“Anak-anak muda perlu hadir sebagai simbol perkembangan zaman yang dapat mengubah kebiasaan negatif menjadi positif,” ucap Amanda.

“Duta baca juga perlu hadir dalam upaya menularkan budaya literasi dan menjadi inspirasi bagi anak-anak muda lainnya,” tambahnya.

Amanda mengucapkan selamat kepada Duta Baca Jabar dan memberikan semangat dalam upaya menjadi salah satu “agent of change”di masyarakat.

“Hadirnya kalian akan menjadi lebih banyak lagi yang terinspirasi dan bersemangat untuk meningkatkan minat baca sebagai pintu awal hadirnya pemimpin yang cerdas,” tutupnya.(agn)

 

Baca Juga :  Jabar Beri Insentif Tenaga Kesehatan

Tags: