“Penangkal Radikalisme” Kab Bogor Dikukuhkan

SEREMONI: Pengukuhan pengurus PCNU Kabupaten Bogor, Jawa Barat, periode 2020-2025 dikukuhkan di Auditorium Setda Kompleks Pemda, Cibinong, Bogor, Selasa (6/4/2021). (Foto: ANTARA/HO-Pemkab Bogor).

Bogor, Pelitabaru.com

Pengurus Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, periode 2020-2025 dikukuhkan secara virtual di Auditorium Sekretariat Daerah (Setda) Kompleks Pemda, Cibinong, Bogor, kemarin.

“NU ini memiliki peran besar dalam menjaga kesatuan dan keutuhan nasional,” ungkap Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj usai menghadiri pelantikan.

Menurutnya, NU memiliki peran untuk menangkal paham radikalisme dan intoleran di Indonesia termasuk di Kabupaten Bogor. Pasalnya, moderat dan toleran adalah prinsip dari NU .

Sementara, Wakil Ketua PCNU Kabupaten Bogor Saepudin Muhtar alias Gus Udin menyebutkan bahwa acara pengukuhan yang juga dilakukan secara virtual itu berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Dibatasi hanya 120 orang, padahal kapasitas gedung itu hampir 600 orang, namun karena kita menerapkan protokol kesehatan, yang lain secara virtual,” kata pria yang juga merupakan Ketua Bidang Pendidikan MUI Kabupaten Bogor itu.

Bupati Bogor Ade Yasin yang juga hadir dalam acara pelantikan tersebut menyebutkan bahwa PCNU diharapkan mampu berperan aktif dalam mencegah permasalahan agama seperti perkembangan agama yang melenceng dari ajaran Islam, dan meredam radikalisme agar tidak masuk dan terjadi di Kabupaten Bogor.

“Radikalisme ini tidak dapat dibenarkan oleh agama apapun, ini tugas kita bersama baik Pemkab Bogor, PCNU, ormas Islam dan MUI Kabupaten Bogor termasuk masyarakat,” tuturnya.(ega/ant)

Tags: , , ,