Pemudik Bermotor Bisa Lewati Jalan Tol Bayar Rp.5.000,-

Ilustrasi suasana pengendara motor masuk tol Bali Mandara. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Pelitabaru.com

Jangan sampai ketinggalan informasi, jika kini motor bisa masuk tol. Kebijakan ini tentunya akan memudahkan dan memperlancar mudik lebaran nanti. Cukup bayar Rp5000,-, mudik pun bisa semakin cepat sampai tujuan.

Setidaknya hal ini berlaku bagi warga yang berdomisili di Jawa Timur dan Bali.

Ya, saat ini di Indonesia memang baru ada dua jalan tol yang bisa dilewati pemotor dengan bebas. Kedua jalan bebas hambatan atau jalan tol yang bebas dilewati pemotor adalah tol Bali Mandara (Bali) dan tol Suramadu (Jawa Timur-Madura).

Kedua jalan tol di atas memiliki karakter atau lay out yang berbeda. Jalan tol Bali Mandara merupakan jalan tol terapung alias di atas laut, pertama di Indonesia. Panjang tol ini mencapai 12,7 km, menghubungkan Benoa, Ngurah Rai Tuban, dan Nusa Dua.

Persamaanya tol Bali Mandara dan Suramadu punya jalur motor di ruas sisi kiri dan kanan, jadi terpisah dengan mobil. Agar tetap nyaman antar pengguna jalur motor dan mobil, riding di jalan tol ini tetap harus hati-hati.

“Tolnya karena modelnya jembatan, harus hati-hati tiupan angin kencang, apalagi angin samping,” jelas Yosepth Klaudius, instruktur Astra Motor Denpasar, beberapa waktu lalu.

Yosepth menjelaskan, sebelum riding di jalan tol menggunakan motor, harus melihat situasi.

“Kalau lagi musim angin, jalur tol untuk motor ditutup, apalagi tol Suramadu yang antar pulau, kalau Bali Mandara di atas teluk,” ungkapnya.

Sampai saat ini jalan tol Bali Mandara dan Suramadu untuk motor sudah berjalan dengan lancar.

Kemudian, Jembatan Nasional Suramadu atau Jalan Tol Surabaya-Madura merupakan jembatan sekaligus jalan tol yang melintasi Selat Madura. Jalan tol ini menghubungkan Pulau Jawa (Surabaya) dengan Pulau Madura (Bangkalan).

Baca Juga :  Kasus Positif Corona di Bali Bertambah Tiga Orang

Jembatan Suramadu ini punya panjang 5.438 m dan jalan tol Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Jalan tol Suramadu punya tiga bagian yakni jalan layang, jembatan utama dan jembatan penghubung.

Untuk tarif tol Bali Mandara, pemotor harus membayar Rp 5.000. Sementara buat pemudik yang melintasi jalan tol Suramadu wajib membayar Rp 3.000.

Sedangkan, kebijakan motor masuk tol lain belum ditetapkan pemerintah. Motor masuk jalan tol memang dilarang dengan alasan keselamatan. Karena di jalan tol mobil melaju dengan kecepatan tinggi, belum lagi terpaan angin yang kencang bisa membahayakan pemotor.

Larangan motor masuk jalan tol sudah diatur di dalam Pasal 38 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 yang berbunyi Jalan tol boleh dilintasi dan khusus hanya untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Sementara itu untuk pemotor yang melanggar dan masuk ke dalam jalan tol bisa terancam denda sampai kurungan penjara. Hal ini mengacu paqda Pasal 63 Ayat 6 Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang jalan yang menerangkan bahwa pengendara sepeda motor atau roda dua yang melintasi jalan tol bisa dikenakan sanksi denda maksimal Rp 3 juta dan kurungan penjara selama 14 hari. (adi/fuz/gin/*)

Tags: , ,