Pemasok Logistik ke KKB Tewas Ditembak

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Jayapura, Pelitabaru.com

Anggota TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi menembak Kopengga Enumbi Alias Yamu Enumbi (28), anggota KKB di kampung Puncak Senyum Distrik Irimuli, Kabupaten Puncak Jaya.

“Berhasil menangkap DPO kasus pencurian senjata dan kekerasan, delapan senjata indeks Pospol Kulirik, Kabupaten Puncak Jaya atas nama Kopengga Enumbi,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal di Jayapura, Selasa (3/8/2021).

Saat hendak ditangkap, tim satgas gabungan TNI-Polri terlibat dalam baku tembak dengan kelompok Kopengga Enumbi. Hanya saja, buronan itu kemudian berhasil dilumpuhkan.

“Selama ini Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi berperan dalam memenuhi kebutuhan logistik bagi pergerakan KSTP Yambi dibawah pimpinan Lekagak Telenggen,” ucapnya.

Dia menjelaskan, dari laporan yang diterima, Kopengga Enumbi terlibat dalam penyerangan Pospol Kulirik dan membawa kabur delapan pucuk senjata api yang terjadi pada 4 Januari 2014 lalu. Dia masuk dalam DPO Ditkrimum Polda Papua sejak 5 Desember 2018 dan selama ini berperan berperan sebagai pencari logistik bagi pergerakan KKB Yambi di bawah pimpinan Lekagak Telenggen.

“Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi merupakan adik kandung dari Lerimayu Enumbi KKB Yambi,” jelas Kamal.

Dia juga menyebutkan, saat penembakan, anggota Satgas telah mengamankan tas yang didalamnya ditemukan berbagai barang bukti, termasuk 11 butir amunisi jenis SS1 kaliber 5,56 mm. Pelaksanaan penegakan terhadap Kopengga Enumbi alias Yamu Enumbi KKB Yambi merupakan hasil sinergitas antara Satgas Pamrahwan Yonmek 521/DY, Satgas Pinang Sirih Yonif R 613/RA. (di/cn/ant/**)

Tags: , , , ,