Pangdam Jaya: Turnamen Jayakarta Cup Siapkan Atlet Basket Sejak Dini

Pangdam Jaya. Mayjen TNI Muhamad Hasan (pegang bola tengah) siap-siap mau memasukkan bola ke ring (keranjang) basket. (Anes Prabowo | Pelita Baru)

Bekasi, Pelitabaru.com

Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan ikut serta bermain bola basket pada ajang turnamen bola basket Jayakarta Cup 2024, Sabtu (6/7/2024). Menariknya, penampilan yang ditunjukan begitu apik dan nyaris tak ada bedanya dengan atlit-atlit lain yang masih muda.

Bahkan, beberapa kali terlihat sang Pangdam memperlihatkan aksi ciamiknya sebagai bukti jika fisik dan performanya dalam bermain olahraga kegemarannya sejak kecil itu, tak pernah surut.

Usai menunjukan kebolehannya, Pangdam mengatakan, turnamen yang digelar di Bendella Basketball Hall, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi ini, tak hanya bisa menjadi ajang kompetisi para atlet bola basket dalam menyiapkan fisik dan mental tapi juga dapat membentuk karakter, jiwa sportifitas, kerjasama tim serta disiplin generasi bangsa.

Sehingga tumbuh dan berkembang menjadi atlet dewasa yang profesional dikemudian hari, hingga dapat berlaga ditingkat nasional maupun internasional.  “Saya senang dan bangga bisa berhadapan dengan generasi muda yang akan menyemarakkan olah raga basket di Indonesia dan Kota Bekasi tentunya, salah satu yang menjadi tempat pencarian bibit-bibit bagus olah raga basket di Indonesia,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mohamad Hasan juga menyampaikan, harapannya pembinaan klub-klub bola basket di Kota Bekasi ini dapat melahirkan atlet ditingkat nasional bahkan internasional.

“Seperti Matthew dan lora yang sekarang ini berada di Liga National Collegiate Athletic Association (NCAA) atlit Bekasi ini, kini sedang melanjutkan pendidikan dan pelatihan bola basket ke Amerika Serikat,” paparnya.

Hal senada disampaikan Penanggung Jawab turnamen bola basket Jayakarta Cup 2024. Dandim 0507 Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait. Katanya, tujuan dilaksanakannya turnamen bola basket Jayakarta Cup 2024 ini untuk membina dan menyiapkan generasi muda, khususnya yang punya hobby basket dan mencintai bola basket.

Baca Juga :  Stadion Mini Cibinong Butuh Rp7 Miliar

“Supaya mereka ada ajang, ada wadah silahturahmi, bertemu dan berkompetisi secara sehat. Tentunya, nanti bisa menyiapkan mental dan fisik mereka untuk pertandingan-pertandingan yang lebih tinggi lagi. Seperti tingkat Provinsi Jawa Barat, bahkan di tingkat nasional,” ungkapnya.

Saat ditanya terkait pelaksanaan turnamen Jayakarta Cup dibaskerhall Bendella. Dandim 0507 Bekasi, Kolonel Arm Rico Ricardo menjelaskan, dipilihnya Bendella karena di Bendella ini sudah ada beberapa klub yang melakukan latihan disini. Bahkan dua atlit basket yang berlatih disini mendapatkan bea siswa di Amerika Serikat.

“Mereka sekolah di SMA dan kuliah di Amerika, mereka punya prestasi dibidang bola basket dan dibidang karirpun juga bisa belajar di Amerika. Harusnya ini bisa menginspirasi para generasi muda kita. Untuk itu saya mengadakan turnamen bola basket di kelompok umum (KU) 14, supaya anak-anak diusia dini mau menyiapkan dirinya konsisten dengan basket. Seperti itu yang saya angkat sekarang ini,” jelasnya.

Sekedar informasi, turnamen basket Jayakarya Cup 2024 ini diikuti 16 klub. Terdiri KU 16, sebanyak 8 tim dan kategori umum 8 tim. Peserta dating dari Tangerang, DKI Jakarta dan Bekasi Raya. Dengan total hadiah bagi pemenangnya sebesar Rp 50 juta.

Penamaan turnamen tersebut, berdasarkan petunjuk Pangdam Jaya, Mayjen TNI Muhamad Hasan supaya turnamen ini namanya Jayakarta Cup.

Turnamen ini secara resmi dibuka dengan pertandingan eksebisi tim Pangdam Jaya yang juga diperkuat Dandim 0507 Bekasi, eksebisi melawan tim basket Happy Ballers. Acara tersebut dihadiri antara lain, Danrem 051/ Wkt, Brigjen TNI Riyanto, Ketua Koni Kota Bekasi Tri Adhianto Cahyono, Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Dani Hamdani dan jajaran perwira dilingkungan Kodam Jaya. (ans)

Tags: , , ,