Ngabuburit Asyik di Yogyakarta

Yogyakarta, Pelitabaru.com

Ngabuburit merupakan momen yang paling menyenangkan saat bulan Ramadhan. Bukan hanya sekedar kumpul bareng bersama keluarga, teman lama, sahabat, tapi juga bisa menambah kenalan.

Nah bagi kamu yang kini tengah berada di Yogyakarta, kamu bisa datang ke Kampung Ramadan Jogokariyan. Disini terdapat pasar kaget yang dipenuhi oleh ratusan pedagang dan juga pengunjung.

Kegiatan Ramadhan di Jogokariyan rupanya sudah berlangsung cukup lama, yakni sekitar 18 tahunan acara ini berlangsung. Diawali dengan belum ada penjual saat bulan puasa di kawasan Masjid Jogokariyan.  Saat itu hanya ada pembagian makanan buka puasa gratis ke masyakarat sekitaran Yogyakarta dan orang yang datang.

Masjid ini diketahui sudah sejak lama membagikan makanan berbuka gratis selama Ramadhan.  Dari bertahun-tahun yang lalu yang diawali pembagian makanan sekitar 600 sampai 700 piring, Kini jumlah makanan gratis yang dibagikan untuk berbuka puasa di Jogokariyan terus bertambah hingga mencapai 3000 piring per hari saat Ramadhan.  Minat pengunjung yang banyak membuat piring-piring makanan tersebut ludes dalam waktu tang sangat cepat.

Untuk mengatasinya, pihak panitia menyediakan roti untuk dibagikan kepada masyarakat yang ingin berbuka, berjaga-jaga jika makanan habis. Kemudian, muncul ide untuk mendatangkan para pedagang ke sana.

Dalam merekrut pedagang untuk KRJ, pihak panitia tak memberikan banyak syarat, semuanya bisa bergabung, langkahnya pun juga mudah. Pertama hanya harus datang ke Masjid Jogokariyan untuk mengisi formulir, kemudian meminta izin memakai halaman rumah warga untuk jualan.  Jenis makanan yang dijual juga beragam. Ada berbagai menu tradisional, serta beragam makanan ringan dan berat yang dapat dikonsumsi saat berbuka puasa.

Sejak saat itu, semakin banyak pedagang mampir ke KRJ dan seiring waktu gelaran ini menjadi salah satu ikon Ramadhan di Yogyakarta. Selain acara membagikan makanan buka secara gratis, ada pula acara rutin lainnya yang diadakan selama Ramadhan, yakni acara kajian dan iktikaf jelang akhir Ramadhan. (fuz)

Baca Juga :  Kampung Tangguh Bencana Yogyakarta Dilatih Membuat Disinfektan

Tags: , ,