Mensesneg Mendadak Sambangi Kasad

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, pada Senin (11/10/2021). (Foto: capture youtube)

Jakarta, Pelitabaru.com

Menteri Sekretaris Negara Indonesia (Mensesneg) Pratikno baru-baru ini berkunjung ke Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabes AD). Pertemuan Pratikno dengan Andika menjadi sorotan di tengah gencarnya isu bursa calon Panglima TNI.

Pengamatan Militer Institute for Security and Strategic Studios (ISESS), Khairul Fahmi mengatakan, pertemuan itu bisa jadi ada kaitannya dengan proses pergantian Panglima TNI. Andika menjadi calon kuat bersama Kasal Laksamana Yudo Margono.

“Biasanya kan pertemuan-pertemuan macam gitu enggak di-blow up, tapi kali ini Mabes AD posting, baru kemudian dikonfirmasi oleh Kemensesneg. Saya enggak tahu apa yang terjadi, tapi memang ya mungkin ada kaitannya dengan proses politik, iya. Terkait pencalonan Panglima mungkin iya,” kata Khairul, kemarin (12/10/2021) .

Sebagaimana diketahui, Marsekal Hadi Tjahjanto diketahui akan memasuki masa pensiun pada November 2021 mendatang. Khairul menilai bisa jadi pertemuan tersebut untuk menurunkan tensi. Terlebih belakangan ini banyak perbincangan di ruang-ruang digital terkait bursa calon Panglima.

“Apakah itu berarti kunjungan itu untuk memastikan bahwa Pak Andika yang akan di dorong ke DPR atau tidak saya kira itu juga belum bisa dipastikan. Kita belum tahu apakah nanti ada pertemuan-pertemuan lain dengan kepala staf yang lain. Itu yang pertama,” jelas Khairul Fahmi.

“Yang kedua, bisa jadi pertemuan itu untuk membincangkan mendiskusikan hal-hal lain misalnya komunikasi yang terkait dengan untuk menurunkan tensi. Belakangan ini kan orang melihat perbincangan terutama di ruang-ruang digital terkait Bursa Calon Panglima ini terlalu marak bahkan cenderung berlebihan menurut saya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pratikno berkeliling melihat arsitektur modern bercampur klasik di Mabes AD bersama Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa. Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini mengungkapkan isi pertemuan Pratikno dengan Kasad Jenderal Andika Perkasa. Faldo mengungkapkan jika pertemuan keduanya untuk membicarakan soal kenegaraan.

Faldo tak menjelaskan lebih jauh apakah Presiden Jokowi menitipkan pesan kepada Andika lewat Pratikno melalui pertemuan tersebut. Terlebih, pertemuan keduanya berlangsung menjelang pergantian Panglima TNI.

“Tentunya ada pembicaraan lainnya, ada pembicaraan kenegaraan, terutama terkait pemulihan pandemi,” ujarnya melalui pesan singkat, Senin (11/10/2021).

Faldo juga menyebut jika pertemuan keduanya berlangsung santai. Mensesneg Pratikno juga sempat mengelilingi lingkungan Mabes AD untuk melihat suasana.

“Datang lihat ikan arwana di taman baru Mabes AD. Sama lihat-lihat suasana kantor,” jelas eks politisi PSI itu.

Sementara itu, dalam kunjungannya, Pratikno mengaku, dalam pertemuan tersebut, dirinyad dan Andika berbincang santai mengenai renovasi yang terjadi di lingkungan Mabes TNI AD.

“Saya itu peminat arsitek, Pak, sangat peminat arsitek, kayak ini kan create living, ada itu, ada ini (sambil menunjuk hasil renovasi), itu create living bukan hanya make building,” ujar Pratikno, dikutip dari kanal Youtube TNI AD, Senin (11/10/2021).

Dalam tayangan video tersebut, Pratikno sempat melihat akuarium yang berada di Mabes TNI AD. Ia juga sempat mengecek hasil renovasi.

Dalam kesempatan yang sama, Pratikno yang didampingi Andika melihat dan mencoba berbagai macam fasilitas alat gym yang tersedia di Mabesad.

Andika juga sempat berbagi kiat kepada Pratikno mengenai menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga angkat beban.

“Masih bisa coba ini prajurit muda-muda jangan mau kalah, usia 60 tahun, lho, luar biasa,” kata Andika ketika melihat Pratikno angkat beban.(ega/net)

Tags: , , ,