Kolam Abadi, Airnya Sejernih Kaca

Medan, Pelitabaru.com

Selain Danau Toba, Sumatera Utara memiliki banyak pesona alam yang menawan. Salah satunya, Kolam Abadi. Objek wisata yang berada di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Kolam abadi ini terlihat eksotis karena memiliki air bening dan kebiru-biruan. Suasananya sangat tenang dan sejuk karena tersembunyi di tengan hutan Kota Langkat. Saking beningnya air di kolam ini, Anda bisa langsung melihat hingga ke dasar sungai.

Foto: @setiawanbambang_

Pemandangannya sungguh menyegarkan mata. Kolam Abadi sebenarnya bukan sebuah kolam. Tapi aliran sungai jernih yang jelas terlihat bebatuan di dasarnya. Di kiri kanan sungai menjulang tebing-tebing dan pepohonan. Pemandangan alam yang belum terjamah.

Jika Anda suka dengan tantangan uji adrenalin, cobalah untuk melompat dari bebatuan setinggi 4 meter atau lebih, menuju kolam abadi. Setelah menceburkan diri, biarkan badan hanyut mengikuti arus. Ini menjadi sensasi berwisata yang asyik dan unik.

Kolam abadi ini memiliki aliran sungai yang sama dengan Air Terjun Tongkat yang dalamnya sekitar dua sampai tiga meter. Jika tertarik ingin berenang di kolam abadi ini, Anda dapat menempuh perjalanan menuju Pelaruga.

Ketika sampai di Pelaruga, Anda harus ditemani ranger yang siap memandu perjalanan menuju kolam abadi. Biasanya, satu ranger mengawasi sepuluh orang pengunjung. Sebelum memulai perjalanan, Anda akan diberi perlengkapan sebelum mandi. Setiap pendatang diwajibkan mengenakan baju pelampung untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti hanyut oleh arus yang deras di tempat pemandian.

Jika berkunjung ke Kolam Abadi, tak lengkap rasanya jika tidak mendatangi Air Terjun Teroh Teroh. Letaknya berdekatan dengan Kolam Abadi. Akses menuju Air Terjun Teroh Teroh tak kalah sulitnya dengan Kolam Abadi. Anda harus naik dan turun bukit.

Untuk mencapai objek wisata ini, Anda harus mendaki terlebih dahulu. Lalu berjumpa dengan jalanan landai yang jauhnya sekitar 500 meter. Kemudian bertemu dengan jalanan menurun. Anda juga bisa menempuh jalur alternatif dengan menyusuri aliran sungai.

Melalui jalan ini sebenarnya lebih ringan dan mengasyikkan. Apalagi, kedalaman sungai hanya sedagu orang dewasa. Pengalaman berhanyut-hanyut selama 20 menit mengarungi aliran sungai akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Sungai yang lebarnya sekitar dua kali rentangan tangan itu memiliki tebing-tebing di sisi kanan dan kirinya. (acs)

Tags: ,