Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia ada di Puncak

Jembatan gantung terpanjang di dunia akan dibangun di Bogor. (Foto: Dok. Pemkab Bogor)

Bogor, Pelitabaru.com

Pemerintah Kabupaten Bogor bakal membangun jembatan gantung terpanjang di dunia. Jembatan gantung yang memiliki panjang 530 meter ini rencananya akan dibangun di kawasan Puncak Bogor, tepaynya di Ekowisata Eiger Advanture Land, Desa Lemah Neundeut, Megamendung, Kabupaten Bogor.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, jembatan yang dibangun di Desa Lemah Neundeut ini  nantinya akan menjadi jembatan gantung terpanjang di dunia

“Saat ini jembatan terpanjang ada di Portugal dengan panjang 516 meter. Kita akan tambah 14 meter menjadi 530 meter sehingga menjadi jembatan gantung terpanjang yang ada di Kabupaten Bogor,” kata Ridwan Kamil saat meninjau lokasi rencana pembangunan jembatan gantung di Desa Lemah Neundeut.

Menurut Ridwan Kamil, keberadaan jembatan gantung ini nantinya akan membawa semangat Indonesia dari segala bidang, mulai dari pendidikan, olahraga dan pariwisata.

Ridwan kamil juga berharap, langkah yang dilakukan PT. Eiger Adventure Land bisa menjadi contoh bagi pelaku-pelaku investasi pariwisata.

Tetapi, Ridwan Kamil meminta agar pembangunan ini bisa menjaga keseimbangan alam.

Soal pembangunan infrastruktur menuju lokasi jembatan gantung terpanjang di dunia ini, Ridwan Kami akan melakukan pembicaraaan dengan pemerintah Kabupaten Bogor.

“Kalau kewenangannya ada di Kabupaten Bogor maka kita akan berkoordinasi. Kalau itu milkik Provinsi Jawa Barat, akan langsung kita kerjakan,” ucap Ridwan Kamil.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, pembangunan jembatan gantung terpanjang di dunia di kawasan Puncak Bogor ini merupakan investasi besar.

Menurut Sandiaga Uno, pembangunan jembatan gantung terpanjang di dunia ini akan menjadi sebuah kebanggaan buat Indonesia dan sekaligus sebagai persembahan kita untuk dunia.

“Kita melihat ini akan menjadi epicentrum ecotourism dunia. Ini juga akan memberikan komitmen kepada pelestarian lingkungan dan memberi dampak positif pada ekonomi lokal, terutama di Kabupaten Bogor,” kata Sandiaga.(dkw)

Baca Juga :  Emil: Perbaikan Kali Bekasi Dikerjakan Tahun Ini

Tags: , , ,

Don`t copy text!