Jawatan Benculuk, Serasa di Lokasi Game of Thrones

Banyuwangi, Pelitabaru.com

Ingatkah Anda dengan salah satu hutan terkenal di Irlandia Utara yang menjadi lokasi syuting serial tv Game of Thrones?

Irlandia memang memiliki Dark Hedges, sebuah jalan yang dijadikan latar Kingsroad. Pohon beech yang tumbuh besar dengan lekukan dahannya menjadi latar sebuah jalan yang indah.

Namun pemandangan bak negeri dongeng itu tidak hanya dimiliki Irlandia Utara. Kabupaten Banyuwangi juga memiliki pemandangan yang hampir sama, yaitu bernama Jawatan Benculuk.

Namanya memang belum begitu dikenal, karena Jawatan Benculuk tidak dikomersilkan sebagai tempat wisata. Meski demikian, pemerintah setempat tidak melarang jika ada warga atau pengunjung yang ingin datang dan mengabadikan keindahan hutan tersebut.

Jika Dark Hedges ditumbuhi dengan pohon beech tinggi dan besar dengan dahan meliuk, Jawatan Benculuk dihiasi pohon trembesi dengan bentuk dahan yang serupa. Sehingga menjadi tempat yang tepat untuk berburu foto dan melakukan pre-wedding.

Bahkan, untuk masuk ke kawasan ini, Anda tak akan dikenakan biaya oleh Perhutani sebagai pihak pengelola. Namun Anda bisa menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan, seperti mushala, toilet, berbagai fasilitas olahraga, hingga kantin untuk menuntaskan rasa lapar Anda.

Selain menikmati pemandangan pohon yang caiamik, Anda juga bisa menjajal beberapa wahana yang menarik di De Djawatan. Kamu bisa menaiki kuda menyusuri De Djawatan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan flying fox dari atas pohon trembesi.

Jawatan Benculuk terletak di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi. Letaknya sekira 35 kilometer ke arah barat dari pusat kota Banyuwangi. Anda bisa menjangkaunya dengan transportasi umum dari Banyuwangi ke Benculuk. Jika sudah tiba di Desa Benculuk, berjalanlah ke pertigaan Benculuk. Letak gapuranya cukup dekat dengan jalan raya. Sehingga mudah dijangkau. (acs)

Tags: , ,