Hasil Survei, Iriana Jokowi Masuk Kandidat Capres 2024

Jakarta, Pelitabaru.com

Lembaga Penelitian Masyarakat Milenium (LPMM) mengeluarkan nama Iriana Jokowi sebagai salah satu kandidat terkuat untuk menjadi calon presiden 2024.

Hal tersebut dilihat dalam hasil survei yang dirilis oleh LPMM pada 26 Maret sampai 8 April 2021.

Direktur Eksekutif LPMM, Daniel Zafnat Paneah menjelaskan responden menganggap Iriana Jokowi merupakan simulasi tokoh wanita nasional yang layak untuk menjadi presiden.

“Nama Iriana Jokowi menjadi pilihan responden dengan tingkat keterpilihan 17,7 persen. Iriana menempati urutan kedua setelah Puan Maharani dengan 20,8 persen,” kata Daniel Zafnat dalam keterangannya pada Rabu (14/4/2021).

Selain Iriana, ada sosok lain yang masuk nominasi bursa capres, yaitu Sri Mulyani dengan perolehan suara 15,8 persen, Khofifah Indar Parawansa 14,6 persen, Tri Rismaharini 11,8 persen, dan Natalie 5,2 persen. Sedangkan 14,1 persen responden tercatat yang tidak memilih.

Kemudian, peluang nama-nama di atas memang cukup kuat dalam Pilpres 2024 mengingat responden lebih cenderung menginginkan presiden wanita ketimbang laki-laki dalam survei LPMM kali ini.

“Dari sisi gender, 46, responden menginginkan sosok presiden untuk 2024 adalah berjenis kelamin wanita. Sebanyak 38,7 persen menginginkan laki laki, dan 14,4 persen tidak mempermasalahkan wanita atau laki laki,” demikian kata Daniel.

Pemilihan sampel untuk survei LPMM ini dilakukan secara acak. Responden merupakan WNI berusia 17 tahun ke atas sebanyak 2.000 orang dan melakukan sesi wawancara melalui sambungan telepon.

 

Dengan Margin of error survei kurang lebih 2.19 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (***)

 

 

 

 

 

 

Tags: , , ,