Ganjil Genap Efektif Kurangi Mobilisasi

Wali Kota Bogor Bima Arya bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Bogor, Pelitabaru.com

Penerapan ganjil genap di Kota Bogor, Jawa Barat saat PPKM Level 4 mendapat apresiasi dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Bima Arya.

Wali Kota Bima menambahkan, untuk mengurangi mobilitas masyarakat di Kota Bogor  lebih efektif ganjil genap. Kebijakan ini juga diambil sebagai pengganti kebijakan penyekatan saat PPKM Darurat.

“Itu lebih efektif dan efesien karena penyekatan kemarin memerlukan kekuatan yang besar, tingkat keterpaparan petugas juga tinggi,” katanya, Minggu (25/7/2021).

Meskipun efektif, Wali Kota Bima menyampaikan bahwa ganjil genap yang diterapkan selama tiga hari sejak 23 hingga 25 Juli 2021 berbeda ketika masa PPKM Mikro. Konsep ganjil genap yang diterapkan, mengombinasikan dengan pola penyekatan.

“Jadi bukan berarti kita tidak meninggalkan penyekatan tapi ditambah, dimodifikasi dengan sistem ganjil genap,” jelasnya.

Setelah merasa diapresiasi, Wali Kota Bima berpendapat bahwa Menhub Budi Sumadi Karya berencana akan menginstruksikan kepada kepala daerah di daerah penyangga Ibu Kota dan wilayah lainnya untuk menerapkan ganjil genap.

“Mungkin (ganjil genap) akan dijalankan di kota-kota lain, tadi kata Pak Menhub,” imbuhnya. (lip/dok)

Tags: , , , , ,