Gabungan Ketua Parpol Dalam KIM Tidak Main-Main. Geger, Prabowo- Airlangga Atur Strategi

Suasana pertemuan antara Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus presiden terpilih hasil Pilpres 2024, Prabowo Subianto dengan para ketua umum parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Kantor Kemenhan pada Kamis (20/6/2024) pagi.(Tangkapan layar Instagram @prabowo)

Jakarta, Pelitabaru.com

Sejumlah ketua umum partai politik (Parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) berkumpul di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Kamis (20/6/2024) pagi. Mereka mendapat arahan dari Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden Terpilih hasil Pilpres 2024, Prabowo Subianto.

Diketahui, pertemuan ini digelar sebelum Prabowo menerima tanda kehormatan diberikan secara langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan disaksikan seluruh Pejabat Utama Polri di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, pada Kamis siang.

Dalam pertemuan itu, hadir Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Demokrat yang juga Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, serta Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta. Hadir juga Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Menurut Airlangga, pertemuan dilaksanakan di Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat pada Kamis pagi. “Kalau yang di Kemenhan tadi kan mendengarkan paparan Pak Prabowo, mengenai kebangsaan ke depan,” ujar Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis malam.

Dalam pertemuan itu, para ketua umum parpol KIM diundang oleh Universitas Pertahanan. Saat ditanya lebih lanjut soal rincian pemaparan apa yang disampaikan Prabowo, Airlangga menyebut soal strategi ke depan. “Strategi saja ke depan. Ya mengenai pentingnya strategi ke depan,” tegasnya.
Sementara itu, saat ditanya apakah strategi yang dimaksud juga mencakup soal Pilkada 2024, Airlangga tidak memberikan jawaban.

Dimintai konfirmasi terpisah, Kabiro Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha membenarkan pertemuan itu berlangsung hari ini di kantor Kemhan. Namun ia tidak menyebut rinci waktu pertemuan tersebut. “Benar,” kata Edwin saat dimintai konfirmasi.

Pertemuan ini sendiri diketahui dari unggahan Prabowo di akun Instagram resminya @prabowo pada Kamis sore. Adapun dalam unggahannya di Instagram, Prabowo juga mencantumkan keterangan foto berupa satu kalimat, yakni “Bersama Indo Maju”.

Unggahan berisi sejumlah slide foto situasi pertemuan yang ditampilkan dalam foto hitam putih. Ada empat foto bernuansa hitam putih yang diunggah Prabowo. Dua foto di antaranya memperlihatkan mereka sedang duduk di sofa dalam sebuah ruangan.

Prabowo duduk berdampingan dengan AHY. Sementara itu, Airlangga duduk bersebelahan dengan Anis Matta, sementara Zulhas duduk di samping Erick Thohir. Prabowo tidak menjelaskan kapan pertemuan itu dilakukan. Dalam unggahannya, Prabowo hanya menuliskan keterangan ‘Bersama Indonesia Maju’.

Baca Juga :  Komjen Gadungan Ngaku Punya Duit Rp 30 Triliun

Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menyematkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Penyematan tanda kehormatan diberikan secara langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan disaksikan seluruh Pejabat Utama Polri di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, pada Kamis (20/6/2024).

Pemberian tanda kehormatan kepada Prabowo dilakukan sesuai Surat Keputusan Presiden Joko Widodo Nomor 112 TK tahun 2022.
Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo menyebut penghargaan itu diberikan kepada Prabowo sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa dan sumbangsihnya dalam meningkatkan keamanan NKRI.

“Hari ini Kapolri memberikan penghargaan kepada Menhan Prabowo Subianto Bintang Bhayangkara Utama Polri. Ini adalah penghargaan yang diberikan atas hubungan timbal balik dan Kerjasama dalam upaya peningkatan keamanan NKRI,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Dedi mengatakan Presiden Terpilih 2024-2029 juga dinilai sangat berjasa jasa untuk kemajuan dan pengembangan institusi Polri. Prabowo, kata dia, juga selalu mengingatkan peran dan fungsi TNI-Polri bagi rakyat dan negara.

Saat mengisi dialog kebangsaan di Sespim Lemdiklat Polri, Prabowo selaku Menhan juga mengingatkan apabila TNI dan Polri merupakan jaminan keamanan terakhir bagi NKRI. “Untuk itulah rakyat membutuhkan TNI-Polri yang kuat dengan kualitas SDM tangguh dan unggul,” ujar Prabowo saat itu.

Bintang Bhayangkara merupakan tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah untuk menghormati jasa mereka yang dinilai telah memajukan dan mengembangkan Polri.

Mereka yang mendapatkan Bintang Bhayangkara dinilai telah berjasa luar biasa melampaui panggilan kewajiban yang disumbangkan terhadap kemajuan dan pengembangan Polri. Bintang ini juga dapat diberikan kepada WNI bukan anggota Polri.

Listyo sendiri sebelumnya pernah menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama kepada Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman saat menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada 2022.

Selain itu, Kapolri Jenderal (Purn) Idham Azis juga pernah melakukan hal serupa dan memberikan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama kepada eks Menpan RB Tjahjo Kumolo dan eks Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil.(fuz/*)

Tags: , , , , ,