Eksplore Keindahan Alam, Mahasiswa PMM 3 UNIDA Kunjungi Wisata Alam Curug Panjang

Bogor, Pelitabaru.com

Dalam upaya menyusuri kekayaan alam tanah Bogor, Mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 Universitas Djuanda (UNIDA) kunjungi Wisata Alam Curug Panjang Megamendung Kabupaten Bogor, pada hari sabtu (18/11/2023).

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda sekaligus Pembimbing Modul Nusantara Kelompok 1 Sadulur Kadeudeuh Faisal Tri Ramdani, S.Sos., M.A.P menjelaskan bahwasannya kegiatan ini menjadi salah satu outcome dalam kerangka kerja logis modul nusantara.

“Berkunjung ke lokasi curug panjang merupakan sebuah upaya memperkenalkan keindahan alam Kabupaten Bogor kepada Mahasiswa PMM 3 UNIDA yang semuanya merupakan berasal dari luar pulau jawa, serta dapat menumbuhkan peningkatan kesadaran akan kelestarian lingkungan dan mampu memberikan solusi terhadap masalah kelestarian lingkungan.

Curug Panjang bertempat di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat tepatnya di lereng Gunung Paseban. Tak seperti lokasi air terjun umumnya yang berbentuk vertikal tinggi, Curug Panjang memiliki aliran air yang berlereng miring dan memanjang, inilah alasan dinamakan Curug Panjang.

Setelah sampai di parkiran yang disediakan, mahasiswa harus tracking menuju lokasi utama curug selama 20-25 menit dengan jalanan berbatu dan dikelilingi hutan pinus.

Sampainya di lokasi utama, mahasiswa disuguhi dengan pemandangan alam yang begitu eksotis dan asri. Khusunya pada kolam curug paling tinggi yang memiliki warna biru kehijauan yang sangat memukau.

Elvira Rossa, mahasiswi asal Universitas Abulyatama anggota Modul Nusantara Kelompok 1 Sadulur Kadeudeuh mengungkapkan rasa antusiasnya berkunjung ke curug panjang.

“Keindahan alam yang udara yang sejuk membuat kamu bersyukur dan merasa lebih dekat dengan alam, semoga kami bisa mengeksplore keindahan alam lainnya,” katanya.(*)

Baca Juga :  Memahami Kehidupan Kerukunan Umat Beragama, Mahasiswa PMM 3 UNIDA Kunjungi Vihara Maha Brahma Pan Kho Bio

Tags: , , ,