Danau Idenberg, Misterius nan Elok di Papua

foto : travel.tribunnews.com

Papua, Pelita Baru

Ingin merasakan pendakian Jayawijaya tanpa harus mencapai puncak? Nah, kamu bisa menetapkan Danau Idenberg sebagai ‘target’ pendakianmu. Berada pada ketinggian 4,313 mdpl, kamu membutuhkan waktu kurang lebih dua jam untuk tiba di danau ini. Kelelahan yang kamu rasakan seakan hilang ketika tiba di sini.

Wisata alam di Papua yang satu ini memang misterius. Terkadang, debit air di Danau Idenberg melimpah ruah dan di suatu waktu, mendadak kering sama sekali. Namun begitu, selama perjalanan kamu akan terkesima melihat tebing-tebing vertikal bebatuan berwarna putih keabu-abuan, yang membuatmu merasa sedang berada di negara lain. Keindahannya membius!

Danau yang bernama Ngga Pimsit atau Danau Idenberg ini berada di kawasan Gunung Puncak Jaya, lokasinya di pedalaman Provinsi Papua. Gunung yang masuk dalam jajaran Barisan Sudirman ini memiliki tinggi sekitar 4.888 mdpl. Dalam barisan pegunungan di Indonesia pun, Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi dan satu-satunya gletser tropika di negara ini.

foto : @ayojelajahindonesia

Untuk menuju danau ini, Anda harus mendaki gunung Puncak Jaya dulu. Adapun rute termudah untuk mendaki gunung yang juga dikenal secara internasional dengan nama Carstensz Pyramid ini adalah melalui jalur utara dan jalur selatan. Di jalur utara, Anda akan melewati Ilaga sementara di jalur selatan, akan melewati Singa dan Tembagapura.

Bagi Anda yang belum pernah mendaki gunung, memang cukup sulit jika ingin berwisata ke Danau di Puncak Jaya ini. Pasalnya, ketinggiannya tidak main-main dan medannya pun bukan untuk pendaki pemula. Bahkan saking tingginya, tidak ada penduduk asli Papua yang menetap di sekitar danau ini.

Adapun bagi Anda yang kuat mendaki, sekiranya akan menghabiskan waktu selama 2 jam pendakian untuk tiba di lokasi wisata ini. Begitu ada disana, Anda akan disambut dengan beberapa pesona wisata dari Idenberg dan Carstensz Pyramid.

Di atas pegunungan ini Anda akan disambut panorama danau bersalju yang mana terkadang airnya penuh, terkadang pula airnya hilang. Inilah mengapa Idenberg disebut sebagai danau misterius karena tidak ada seorang pun yang tahu kemana perginya air ini.

Selain danau bersalju, Anda juga akan disambut dengan hamparan pemandangan tebing yang bersalju abadi sejauh mata memandang. Seperti yang kita tahu, ketinggian Gunung Jayawijaya membuat puncak gunung ini selalu memiliki salju abadi. Selain bersalju, tebing-tebing ini juga berdiri secara vertikal dan seolah membentengi Idenberg dari dunia luar.

foto : @ihsanworld

Di pinggir danau, Anda akan melihat hamparan tanah lapang yang ditumbuhi rerumputan kering. Anda bisa bersantai disana untuk melepas lelah setelah pendakian yang cukup menguras tenaga. Tapi tenang saja, matahari tetap bersinar sehingga tidak akan membuat Anda membeku kedinginan. Namun tentunya, cuaca di gunung tidak ada yang tahu.

Jadi jangan berlama-lama bersantai di padang ini dan segera pergi jika Anda melihat akan datang badai.

Tidak hanya Danau Idenberg, Anda juga bisa mengunjungi wisata-wisata lainnya di Kabupaten Puncak Jaya. Sebut saja Lembah Baliem yang dihuni Suku Dani dan memiliki festival yang sangat dinanti seluruh wisatawan dunia, Telaga Biru di Distrik Maima, dan Bukit Pasir Putih di Desa Aikima. (acs)

Tags: , , , , , ,