Awas, Proyek Masjid Agung Terbengkalai Lagi

Foto: Pembangunan Masjid Agung di Jalan Dewi Sartika Kota Bogor yang mangkrak (ANTARA/Foto: Riza Harahap)

Bogor, Pelitabaru.com

Rencana program pembangunan revitalisasi lanjutan Ma­sjid Agung Kota Bogor masih tak jelas juntrungannya. DPRD Kota Bogor pun mulai mewanti-wanti Pemkot agar segera menyiapkan segala hal yang dibutuhkan. Termasuk prosesi lelang.

Tahun ini, anggaran revitalisasi Masjid Agung telah ditetapkan Rp32 miliar. Duit sebanyak itu rencananya diproyeksikan untuk peker­jaan penguatan struktur bangunan dan atap masjid pasca mendapat rekomendasi pemerintah pusat.

Anggota Komisi III DPRD Kota Bogor, Karnain Asyhar mengatakan, pada 2020 proyek Masjid Agung sudah mendapatkan rekomendasi dari Komite Keselamatan Konstruksi dan Komite Kese­lamatan Bangunan.

“Artinya ada komitmen 2021, karena sudah dianggarkan Rp32 mi­liar. Diharapkan memang pengalaman terdahulu pernah gagal lelang, bisa terantisi­pasi,” katanya.

Ia berpendapat proyek Masjid Agung seharusnya bisa dipro­ses pra-lelang lebih awal. Po­litisi PKS ini berharap angga­ran yang dialokasikan bisa terserap, sehingga proses pembangunan berjalan se­suai harapan masyarakat.

“Ti­dak tertunda lagi, konstruksi utama diharapkan segera se­lesai. Jadi difungsikan normal oleh masyarakat,” paparnya.

Ia menambahkan, kelanju­tan proyek Masjid Agung ide­alnya harus dianggarkan multiyears atau tahun jamak, sehingga bisa dilakukan pe­kerjaan hingga tuntas. Tidak seperti sekarang yang mesti dicicil setiap satu tahun ang­garan karena keterbatasan alokasi biaya.

“Mudah-mu­dahan segera terealisasi agar masyarakat bisa mengguna­kan dengan maksimal,” tam­bahnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengatakan, proyek masjid yang dibongkar pada 2016 itu ditarget masuk tender awal April. Sehingga Mei pemenang tender sudah didapatkan. Sedangkan saat ini masih berjalan proses tender peng­awasan proyek Masjid Agung.

“Proses (tender, red) kurang lebih satu bulan. Jadi, Mei ini Insya Allah kami sudah punya pemenang lelang. Anggaran yang disiapkan untuk tahap ini sebesar Rp32 miliar,” ung­kapnya.

Dedie menjelaskan, dana sebesar Rp32 miliar itu tidak membangun keseluruhan masjid hingga selesai sesuai DED. Namun akan digunakan untuk membangun struktur bangunan dan struktur atap. Sementara untuk membangun masjid secara keseluruhan hingga selesai, Pemkot Bogor masih membutuhkan ang­garan sekitar Rp50 miliar. Di mana dana tersebut akan digunakan untuk desain in­terior dan bagian lainnya.

“Jadi bukan keseluruhan selesai tahun ini. Selanjutnya kami masih membutuhkan anggaran sekitar Rp50 miliar lagi untuk penyelesaian yang meliputi interior dan lainnya. Ya akhir 2022, mudah-muda­han selesai dari APBD,” tun­tasnya. (ega)

Tags: , ,