Luar Biasa,,, Wartawan Deklarasikan Gerakan Pramuka Nasional

Bogor, pelitabaru.com

Puluhan wartawan Bogor membentuk sekaligus mendeklarasikan Gerakan Pramuka Wartawan Nasional (GPWN). Deklarasi dan pembentukan diinisiasi oleh para tokoh dan senior wartawan di wilayah Bogor ini, diharapkan akan menjadi wadah pengabdian para Jurnalis dibidang sosial dan kemanusiaan.

Pembentukan dan deklarasi GPWN itu didasari atas pemikiran para Tokoh Pers di Bogor,. yang disesuaikan dengan Keputusan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka No 176 Tahun 2012 tentang Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Gugus Darma Pramuka.

“Ini merupakan yang pertama kalinya di Indonesia ada sebuah Gerakan Pramuka yang seluruh anggotanya nanti adalah berprofesi sebagai wartawan. Kita akan segera mengurus mengenai legalitasnya dan selanjutnya berencana audensi langsung dengan Ketua Kwartir Nasional Pramuka dibawah pimpinan Bapak Komjen Pol (Purn) Budi Waseso,” kata HRM danang Donoroso dalam sambutannya, Jumat (22/10/2021) lalu

Acara deklarasi dan pembentukan GPWN itu diselenggarakan di Gedung PUSDAI Lantai 2, Jl. Bersih No.1, Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Cibinong dengan dihadiri sedikitnya 40 wartawan dari berbagai media, yang sehari-hari bertugas meliput di wilayah Bogor dan sekitarnya

Dalam Deklarasi tersebut, para wartawan yang hadir memutuskan secara aklamasi menunjuk dan mengangkat HRM. Danang Donoroso sebagai Ketua Umum GPWN.

Adapun para inisiator deklarasi GPWN diantaranya, HRM Danang Donorroso (Pemimpin Umum Harian Pelita Baru /pelitabaru.com), Piyarso Hadi (Pemimpin Umum inilahonline.com), Lucky Dharmawan (Pemimpin Redaksi rakyatbogor.com), Bustanul Daham (Pemred Koran Berantas/berantasonline.com), Deddy Juliawan (Pemred rajawalitimes.com).

Dalam rapat dan deklarasi juga menunjuk lima orang inisiator yakni HRM Danang Donoroso, Bustanul Daham, Piya Hadi, Deddy Yuliawan dan Lucky Dharmawan untuk berkoordinasi dengan Kwarnas di Jakarta, guna membahas dan mengajukan pengesahan Gerakan Pramuka Wartawan Nasional tersebut.

Baca Juga :  Gugus Dharma Warta PWI Kabupaten Bogor Terbentuk

Dalm rapat yang dipimpin oleh Bustanul Daham itu menjelaskan, salah satu program yang akan dirintis yakni Jurnalis Siaga Bencana yang fokus pada pengabdian wartawan terhadap penanggulangan bencana alam dengan bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Ditempat yang sama, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor, Subagio yang turut hadir dalam rapat dan deklarasi GPWN itu menyatakan dukungannya terhadap terbentuknya sebuah wadah para jurnalis dalam gerakan pramuka berklasifikasi nasional tersebut.

“Saya mendukung dan menyambut baik inisiasi pembentukan GPWN. Semoga rekan-rekan wartawan yang bergabung untuk dapat terus mendukung dan bersemangat mensukseskan berbagai program yang akan dilanjutkan ke kancah tingkat nasional ini” imbuhnya.

Sedangkan inisiator lainnya, Piyarso Hadi yang akrab dipanggil dengan nama cak Hadi ini mengatakan, dirinya siap mendukung kegiatan positif dari para wartawan yang bersedia mengabdikan dirinya dalam kegiatan Pramuka secar sukarela dan tanpa pamrih itu.

Dikatakanya, ditengah pandemi Covid-19 ini adalah saat yang tepat bagi para Pramuka untuk lebih giat mewujudkan janji dalam Tri Satya Pramuka Penegak dan Pandega, yang dalam salah satu point dalam janji Tri Satya Pramuka itu yaitu, “Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat”.

“Semoga deklarasi pembentukan GPWN ini tidak hanya berhenti hanya sebatas deklarasi saja, melainkan harus diwujudkan sesuai maksud dan tujuannya dalam kegiatan sosial dan kemanusian serta perlu didukung oleh rekan-rekan wartawan lainnya,”pungkasnya. (adi)

Tags: ,

Don`t copy text!