Tekan Biaya Operasional Alasan Pelaku Buang APD Bekas Pasien Covid-19 di Bogor

Bogor, Pelitabaru.com

Tersangka pelaku pembuang limbah alat-alat kesehatan (alkes) bekas penanganan pasien positif Covid-19 ditangkap Satreskrim Polres Bogor.

Para pelaku ini diketahui membuang Alat-alat kesehatan itu meliputi pakaian hazmat, masker, dan perlengkapan medis lainnya di Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo dan Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg.

“Keduanya ditangkap di DKI Jakarta,” kata Kapolres Bogor AKBP Harun kepada wartawan, Selasa (9/2/2021).

Kini polisi masih memburu pelaku lainnya yang diketahui sebagai dalang pembuang limbah alkes itu. Mereka ini merupakan pihak ketiga atau vendor yang ditunjuk pihak rumah sakit untuk menangani limbah tersebut.

Namun, limbah itu tidak lantas dibuang begitu saja atau dijadikan satu dengan limbah lain seperti biasanya.

“Mereka ini justru membuang 17 karung di wilayah Tenjo dan 55 karung limbah di Cigudeg,” kata dia.

Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Andreas mengatakan para pelaku ini melarikan diri setelah ramai pemberitaan terkait temuan limbah alat-alat kesehatan (alkes) bekas penanganan pasien positif Covid-19 di Cigudeg dan Tenjo.

“Para pelaku ini berpencar untuk bersembunyi. Ada yang di Jakarta dan di daerah lainnya,” ucap AKP Andreas.

Kepada petugas, tersangka mengaku membuang 70 karung limbah itu untuk menekan biaya operasional.

“Tapi langkah mereka justru membahayakan kesehatan masyarakat lain dan merusak lingkungan karena limbahnya beracun dan berpotensi menularkan Covid-19,” jelasnya.

Akibat perbuatannya, kedua tersangka akan dijerat pasal 104 UU Nomor 32/2019 tentang Pengelolaan Lingkungan dengan ancaman hukuman minimal 1 tahun dan maksimal tiga tahun penjara dengan denda paling maksimum Rp 3 miliar. (acs)

Tags: , , , , ,