1.932 Rumah di Villa Nusa Indah Bogor Terendam Banjir

Tim gabungan sedang melakukan evakuasi korban banjir di Villa Nusa Indah, Bojongkulur, Gunungputri, Kabupaten Bogor, Senin (8/2/2021)

Bogor, Pelitabaru.com

Intensitas hujan yang tinggi dan luapan Sungai Cileungsi membuat ribuan rumah warga di Perumahaan Villa Nusa Indah 1 dan 2, Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor terendam banjir, Senin (8/2/2021) pagi.

Banjir di wilayah tersebut membuat sebagian warga terpaksa harus mengungsi ke rumah saudaranya karena rumah mereka terendam air dengan ketinggian 60 hingga 120 sentimeter setelah hujan deras sejak Minggu (7/2//2021) malam hingga Senin pagi tadi.

“Hujan deras menyebabkan TMA (Tinggi Muka Air) Sungai Cileungsi naik mencapai 650 cm atau siaga satu banjir sekitar pukul 09.00 WIB. Luapan banjir masuk ke rumah-rumah warga,” kata Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) Puarman, saat dihubungi.

Puarman menyebutkan, tercatat ada 13 RW di kawasan perumahan tersebut yang terendam banjir. Sedangkan rumah warga yang terendam sebanyak 1.932 rumah dan warga terdampak 9.528 jiwa. Selain rumah, banjir juga merendam 5 masjid dan 3 sekolah.

“Sebagian ada yang mengungsi ke rumah saudaranya. Sebagian lainnya memilih bertahan di rumah lantai 2,” kata dia.

Saat ini warga dan para relawan masih berupaya menyedot air dengan menggunakan mesin pompa. Petugas gabungan juga masih melakukan evakuasi terhadap warga terdampak dengan menggunakan perahu karet.

“Sekitar pukul 15.00 WIB, banjir mulai surut di beberapa titik. Tetapi tidak menutup kemungkinan air kembali naik bila di hulu sungai diguyur hujan deras,” ujarnya.

Menurut Puarman, kawasan Villa Nusa menjadi langganan banjir sejak beberapa tahun terakhir ini. Terlebih jika hulu sungai diguyur hujan deras. Banjir terparah terjadi pada awal Januari 2020 lalu. Ketinggian air saat itu hingga mencapai 2 meter. (acs)

Tags: , , , ,