Bendung Katulampa Siaga III, Jakarta Diminta Waspada

Bogor, Pelitabaru,com

Hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak Bogor sejak Sabtu malam hingga Minggu pagi tadi mengakibatkan tinggi muka air (TMA) di Bendung Katulampa Bogor meningkat.

Petugas mencatat, pada pukul 07.00 WIB TMA di Bendung Katulampa Bogor sempat mencapai 130 cm dan berstatus siaga 3 banjir. Kemudian kembali turun ke 120 cm pada pukul 08:00 WIB.

“Sampai dengan pukul 10.00 WIb, statusnya masih sama, siaga 3,” kata petugas jaga Bendung Katulampa Bogor, Andi Sudirman, Minggu (7/2/2021).

Andi menyebut, luapan sungai ciliwung akan tiba di Ibu Kota Jakarta sekitar 8-12 jam ke depan. Ia meminta warga yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung atau wilayah yang kerap terdampak oleh luapan sungai ciliwung untuk tetap waspada.

“Sekitar 8 atau 12 jam ke depan, air sampai ke Jakarta. Debit air yang ke Jakarta melalui sungai Ciliwung itu tidak cuma dari kawasan Puncak sebagai hulu Ciliwung, bisa saja debit air bertambah dari kawasan tengah seperti Kabupaten Bogor dan Depok,” kata Andi.

BPBD DKI Jakarta melalui akun Twitter resminya memberikan peringatan waspada untuk lintasan Sungai Ciliwung pada 6-9 jam ke depan akan sampai di pintu air Manggarai. BPBD mengingatkan masyarakat yang berada di sekitar lintasan air sungai untuk waspada.

Adapun beberapa daerah yang berada di sekitar lintasan di antaranya Balekambang, Bali Mester, Baru, Bidara Cina, Bukit Duri, Cawang, Cikoko, Cililitan, Duren Tiga, Gedong, Jagakarsa, Kalibata, Kalisari, Kampung Melayu, Kampung Tengah, Kebon Baru, Kebon Manggis, Lenteng Agung, Pal Meriam, Pancoran, Pejaten Timur, Pengadegan, Rawajati, Srengseng Sawah, Tanjung Barat, dan Manggarai.

BPBD sendiri saat ini telah menginformasikan hal tersebut pada camat dan lurah di kawasan terkait.

Selain Bendung Katulampa, status Siaga III juga terjadi di Sunter Hulu dengan tinggi muka air 160 cm. Sementara status Siaga II terjadi di pintu air Pasar Ikan dengan tinggi muka air 225 cm. (acs)

Tags: , , ,