DPRD DKI Setuju Jakarta Lockdown Akhir Pekan

Jakarta, Pelitabaru.com

Anggota DPRD DKI Jakarta menyetujui usulan Anggota DPR RI terkait penerapan lockdown akhir pekan di DKI Jakarta. Dengan catatan, lockdown diterapkan secara sungguh-sungguh.

“Kami memahami dan setuju dengan DPR RI yang mengusulkan lockdown akhir pekan. Tapi kembali harus sungguh-sungguh dalam pelaksanaannya,” kata Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Oman Rohman Rakinda, kepada wartawan, Rabu (4/2/2021).

Artinya, Lockdown akhir pekan pelaksanaannya harus dikembalikan seperti kebijakan awal pandemi pada bulan Maret-April 2020.

Oman menyoroti pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di DKI saat ini. Menurutnya, kebijakan itu belum efektif menekan kasus Covid-19. Sebaliknya, lonjakan kasus Covid-19 justru malah terjadi saat kebijakan itu diberlakukan.

“Lonjakan terjadi di tengah kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diperketat atau PPKM versi pemerintah pusat belum efektif untuk membendung penularan,” kata dia.

Untuk itu, Oman meminta agar PPKM yang saat ini berlaku di Jakarta agar dievaluasi. Ia menilai pengawasan selama masa PPKM ini pun terlalu longgar.

“Dari awal pandemi Gubernur DKI Jakarta sudah mewacanakan lockdown. Tapi tidak disetujui pemerintah pusat. Kita musti lihat lagi, evaluasi pelaksanaan PSBB diperketat atau PPKM. Pengawasannya terlalu longgar,” jelasnya.

Tawaran lockdown di akhir pekan ini disampaikan oleh anggota komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay. Dia mengusulkan hal ini merespons Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tidak efektif.

“Tawaran saya mencoba memadukan PSBB atau PPKM dengan apa yang saya sebut dengan ‘lockdown akhir pekan’,” ujar Saleh.

Sementara itu, Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mempertimbangkan penerapan lockdown weekend untuk menekan penularan Covid-19 yang masih tinggi di Ibu Kota.

Wagub DKI itu menuturkan, usulan lockdown akhir pekan pada Sabtu dan Minggu merupakan usulan dari anggota DPR RI. Usulan itu ingin mengadopsi kebijakan Turki dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Di negara itu, karantina wilayah akhir pekan bisa menekan penularan Covid-19.

“Silakan saja itu kami serahkan kepada teman-teman DPR yang mungkin sudah sampaikan ke Kemenkes, BNPB, pemerintah pusat,” kata Riza Patria di Balai Kota DKI, Selasa (2/2/2021). (acs/net)

Tags: , , ,