Puluhan Karung Limbah APD di Bogor Dibuang Sembarangan, Polisi Cari Pelakunya

Bogor, Pelitabaru.com

Puluhan karung berisi limbah Alat Pelindung Diri (APD) ditemukan di Kabupaten Bogor. Limbah APD itu ditemukan petugas di dua lokasi berbeda.

Pertama, sebanyak 17 karung limbah APD ditemukan sudah berceceran di pinggir jalan Kampung Leuweung Gede, Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo pada Selasa (2/2/2021).

Kemudian, sebanyak 55 karung limbah APD juga ditemukan area Kebun Kelapa Sawit milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII), Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg, Rabu (3/2/2021).

Kepala Desa Cigudeg, Andi Supriadi mengatakan, tumpukan limbah APD itu ditemukan di area PTPN Cigudeg sebanyak 55 karung.

Limbah APD tersebut diduga berasal dari Kota Tangerang. Dugaan itu diperkuat dengan adanya label alamat asal APD itu digunakan.

“Di dalam karung kami temukan hazmat, jarum suntik, dan botol infus, ada label alamatnya juga itu (dari Tangerang),” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Tenjo Kurnia Indra mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui asalnya tumpukan sampah APD tersebut. Namun lokasi pembuangan limbah hanya berjarak 3 km dari pemukiman warga.

“Kita belum tahu dari mana tumpukan itu. Barang bukti limbah APD sudah diamankan petugas puskesmas Tenjo,” ucap Kurnia.

Saat ini, dinas terkait maupun pihak kepolisian setempat masih menelusuri asal APD tersebut.

Kapolsek Parungpanjang, Kompol Wagiman mengatakan, telah memeriksa dua orang saksi terkait temuan limbah APD di Kampung Leuweung Gede.

“Dua orang itu yang pertama kali menemukan limbah APD itu,” kata Wagiman.

Wagiman menyatakan masih akan terus menelusuri temuan 17 karung berisi APD dan limbah medis itu. Pihaknya pun telah mengambil salah satu APD sebagai barang bukti untuk penyelidikan lebih lanjut.

“Alat bukti ini nantinya mengarah ke rumah sakit mana atau Puskesmas yang berani membuang limbah sembarangan, karena ini masuk kategori limbah B3 itu,” kata dia. (acs)

Tags: , , ,