Beredar Selebaran KKB Tantang TNI-Polri Perang Terbuka  

Papua, Pelitabaru.com

Selebaran berisi ajakan perang terbuka dari kelompok kriminal bersenjata ( KKB) untuk TNI/ Polri beredar di Distrik Intan Jaya, Papua.

Menanggapi hal itu, Wakapolda Papua Brigjen Matius Fakhiri mengatakan, selebaran berisi ajakan perang terbuka dari kelompok kriminal bersenjata ( KKB) untuk TNI/ Polri bentuk provokasi.

Menurutnya, provokasi itu selalu muncul di tengah situasi politik di Papua sedang memanas.

“Ini biasanya terjadi saat eskalasi sedang tinggi,” kata Matius, Selasa (3/2/2021).

Karena itu, dirinya tidak ingin gegabah menanggapi provokasi tersebut dan tetap akan fokus keselamatan dan keamanan masyarakat.

Ia menegaskan TNI-Polri tak akan gentar bila diajak perang. Hanya saja ia tidak ingin masyarakat sipil menjadi korban.

“Saya pastikan kalau ajak perang TNI-Polri tidak takut, kita akan hadapi. Cuma bila kita mengambil langkah tegas dan terukur nantinya bisa dipolitisir, dipelintir oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin suasana di Papua ini selalu kisruh,” kata Matius.

Di saat tingginya ekskalasi politik di Intan Jaya, lanjut Matius, aparat keamanan dituntut harus jeli dan tepat dalam mengambil tindakan terhadap KKB. Tindakan represif, sulit dilakukan aparat keamanan.

“Kejadian di Intan Jaya ini selalu berulang dan ini harus kita sikapi dengan tenang agar kita bisa mengambil langkah-langkah penegakan hukum yang pas dan soft. Kita tidak mau mengulangi kesalahan-kesalahan yang sudah terjadi beberapa waktu lalu,” terang Matius.

Langkah yang kini dilakukan adalah memperkuat dan menambah jumlah personel Polres Intan Jaya agar situasi keamanan di wilayah tersebut bisa lebih kondusif.

“Ke depan kita akan memperkuat Polres Intan Jaya, salah satunya kita akan menggeser 45 personel untuk mem-back-up pasukan yang sudah ada di sana,” kata dia. (acs/kompas.com)

Tags: , , , ,