KKP Dapat Dana Hibah Rp 704 Miliar dari Jepang

twitter KKP

Jakarta, Pelitabaru.com

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendapat hibah hingga Rp 704 miliar dari pemerintah Jepang. Bantuan hibah tersebut dalam bentuk kerja sama Grant Agreement for The Development of Fisheries Sector In Outer Islands Phase 2 yang baru diteken bersama Japan International Cooperation Agency (JICA).

“Jadi negara Indonesia melalui KKP mendapatkan hibah sebesar 5,5 miliar Yen setara dengan Rp 704 miliar. Ini hibah tanpa ikatan dalam arti bukan hibah harus dibayar, dicicil, tidak, bukan utang,” ujar Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar dalam Konferensi Pers di Jakarta, Selasa (2/2/2021).

Menurut Antam, hibah itu akan ditransfer langsung ke KKP. Ini adalah yang pertama kalinya negara pemberia hibah menyalurkan langsung ke kementerian, sebelumnya setiap hibah ditransfer terlebih dulu ke Kementerian Keuangan.

“Baru pertama kali di Indonesia hibah ini ditransfer langsung ke KKP, biasanya lewat Menteri Keuangan kalau ini langsung ke KKP,” ujar Antam.

Menurutnya, hibah tersebut akan digunakan untuk membangun Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di 6 wilayah terluar Indonesia. Keenam wilayah tersebut adalah Natuna, Morotai, Sabang, Saumlaki, Moa, dan Biak.

“Alasan di pulau terluar ini untuk pemerataan pembangunan. Kedua, memajukan ekonomi masyarakat di pulau terluar. Ketiga, memajukan industri di pulau terluar melalui kegiatan perikanan,” terangnya.

Rencananya, pembangunan SKPT di 6 wilayah tersebut ditargetkan selesai tahun 2024 mendatang.

“Tahap 2 ini kita harapkan selesai di tahun 2024,” tutupnya dilansir detik.com. (acs)

Tags: , , ,