Ngaku Anak Pejabat Satpol PP Kota Bogor, Pria Ini Tipu Pelamar PKWT

Bogor, Pelitabaru.com

Seorang pria pengangguran ditangkap Satpol PP Kota Bogor. Pria berinisial CO itu dilaporkan telah menipu sejumlah pelamar yang mendaftar perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) untuk penempatan unit Satpol PP Kota Bogor.

CO ditangkap di rumahnya di Cimanggu, Tanah Sareal, Kota Bogor pada Minggu (31/1/2021). Pelaku berhasil ditangkap setelah petugas Satpol PP menyamar sebagai pelamar PKWT.

“Ada dua korban yang melapor. Lalu kami menjebak pelaku dengan menyamar sebagai pelamar,” ujar Kepala Satpol PP Kota Bogor Agustiansyah, Senin (1/2/2021).

Agus mengungkapkan, CO melancarkan aksi penipuannya dengan mengaku sebagai anak pejabat di Satpol PP Kota Bogor. Pelaku bisa membantu memuluskan korbannya diterima di unit Satpol PP, dengan catatan membayar senilai Rp 1 juta.

“Setiap korbannya dimintai duit Rp 1 juta sebagai uang pelicin sekaligus biaya seragam,” kata Agus.

Korban yang tidak menaruh curiga, kemudian membayar sejumlah uang sesuai yang diminta pelaku. Setelah itu, korban diberi kuitansi yang ditandatangani atas nama Kepala Seksi Operasional (Kasi Ops) Satpol PP, Surya Darma.

“Jadi pelaku ini juga mencatut salah satu nama pejabat di Pol PP,” terang Agus.

Diketahui Satpol PP Kota Bogor membuka rekrutmen PKWT tahun anggaran 2021. Pendaftaran dibuka 28 Januari dan ditutup 31 Januari 2021. Tercatat, ada 3500 pelamar yang mendaftar secara daring, dari kuota 1.000 pelamar. (acs)

Tags: , , , ,