Pesona Biru Pantai Ora

Pulau Seram, Pelitabaru.com

Maluku merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekali tempat wisata alam keren. Meskipun lokasinya lebih banyak di daerah terpencil, namun keindahan alamnya sepadan dengan jauhnya jarak yang harus ditempuh.

Salah satunya Pantai Ora. Destinasi wisata yang ini cukup terkenal di Pulau Seram, Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Indonesia. Keindahan alam di Pantai Ora ini tidak kalah dengan Maldives loh!

Pantai Ora memiliki pasir yang putih dengan air lautnya yang sangat jernih, dan gelombang yang tenang. Tidak hanya itu, pemandangan di bawah laut juga tak kalah menakjubkan. Pantai Ora yang kaya akan terumbu karang, ikan dan biota laut lainnya.

Keberadaan terumbu karang, ikan dan biota laut lainnya juga sangat dijaga kelestariannya dan harus selalu dijaga, walaupun sampai kapanpun. Disana kamu akan merasakan kesejukan dan ketenangan karena nyaris tak ada ombak.

Kamu juga bisa snorkeling dan diving. Untuk menikmatinya keindahan alam dibawah laut kamu tak perlu dalam-dalam untuk menyelam, 2 sampai 3 meter saja sudah bisa melihat cantiknya terumbu karang, ikan dan biota laut lainnya.

Keindahan bawah alam Pantai Ora sangat kaya, mulai dari berbagai beraneka ragam warna- warni terumbu karang, yang berjenis kontur landai karena lautnya yang tidak terlalu dalam atau rendah. Kalau kamu beruntung saat air laut sedang surut, tanpa menyelam kamu sudah bisa melihat hamparan terumbu karang. Di sana juga ada banyak Bulu Babi serta Bintang Laut yang berduri berbahaya.

Selain aktivitas snorkeling dan diving, ada hal menarik lain yang dapat dilakukan di Pantai Ora Maluku yaitu mengunjungi Taman Nasional Manusela yang terletak di belakang Ora Beach Resort. Di Taman Nasional Manusela ini terdapat lebih dari 100 spesies burung, untuk menikmatinya kamu bisa menggunakan perahu motor atau kapal nelayan.

Tak hanya itu, kamu bisa loh berkeliling ke pulau kecil di Teluk Sawai dengan naik perahu. Di Teluk Sawai, ada beberapa pulau, yaitu Pulau Sawai, Pulau Raja, Pulau Kelelawar, Pulau Tujuh, Pulau Tengah, dan Pulau Sapalewa.

Jika kamu ingin berlibur kesana, tak perlu khawatir untuk tidur, karena di Pantai Ora sudah tersedia penginapan yang terbuat dari kayu dan beratapkan jerami. Cottage atau rumah kayu tersebut dibangun tepat di atas pantai dan langsung menghadap ke laut, sehingga memberikan suasana penginapan yang sangat menyatu dengan alam.

Untuk menuju kesana, jika kamu dari luar Kota Ambon, bisa menggunakan pesawat yang mendarat di Bandara Patimura Ambon. Dari Bandara, melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum atau taksi yang menuju ke Pelabuhan Tuhelu.

Dari Pelabuhan Tuhelu, lalu menyeberang ke Pelabuhan Amahi, Maluku Tengah menggunakan Kapal Cepat. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pelabuhan Amahi sekitar 2 jam perjalanan. Setelah itu, naiklah angkutan umum menuju ke Desa Sawai. Waktu yang ditempuh untuk ke Desa Sawai sekitar 2 jam. Dari Desa Sawai, perjalanan ke Pantai Ora dilanjutkan dengan Kapal Motor selama 10 menit saja untuk sampai ke Pantai Ora, Guys! (acs)

Tags: , , ,