Nitrogen Cair Meledak, 6 Pekerja Pabrik Unggas Tewas

Pabrik di Amerika Serikat yang kebocoran nitrogen cair dan menewaskan enam orang. Foto: CGTN

Jakarta, Pelitabaru.com

Enam orang tewas dan belasan lainnya dirawat di rumah sakit akibat kebocoran nitrogen cair di sebuah pabrik makanan beku di negara bagian di Gainesville, Georgia, Amerika Serikat (AS).

Juru Bicara Dinas Pemadam Kebakaran Hall County, Zach Brackett, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (29/1/2021), mengatakan, lima orang tewas seketika di pabrik pengolahan unggas milik Foundation Food Group dan satu orang lainnya meninggal di rumah sakit. Kebocoran terjadi sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

“Lima orang tewas di pabrik Foundation Food Group di Gainesville, sekitar 100 kilometer timur laut Atlanta, sebelum mereka dibawa ke rumah sakit. Satu korban lainnya meninggal di ruang gawat darurat,” kata para pejabat setempat, seperti dikutip Reuters, Jumat (29/1/2021).

Di antara korban luka adalah empat petugas pemadam kebakaran yang mengalami sesak napas. Dari 12 orang yang dirawat, tiga di antaranya dalam kondisi kritis, lima orang stabil, dan tiga lainnya kemudian diperbolehkan pulang.

“Setidaknya tiga dari mereka yang dirawat di rumah sakit dilaporkan dalam kondisi kritis. Mereka yang terluka termasuk empat petugas pemadam kebakaran yang menderita penyakit pernapasan,” lanjut para pejabat itu.

Pihak berwenang setempat menambahkan, sekitar 130 orang lainnya dievakuasi dari pabrik ke gereja terdekat di mana mereka dievaluasi secara medis.

Wakil Presiden Foundation Food Group Nicholas Ancrum menyebut kebocoran itu sebagai kecelakaan tragis. Menurutnya, indikasi awal akibat saluran nitrogen pecah di fasilitas tersebut.

Nitrogen, biasanya gas inert (tidak reaktif secara kimiawi), menjadi cair saat didinginkan hingga suhu minus 196 Celcius dan banyak digunakan di pabrik pengolahan makanan beku.

Menurut University of Delaware pada suhu kamar, nitrogen dapat berkembang menjadi gas tak berbau sekitar 700 kali volume cairannya. Kandungannya dengan cepat menggantikan oksigen di udara dan paru-paru serta menyebabkan ketidaksadaran dan sesak napas yang mematikan.

Pabrik Gainesville, yang baru menjadi bagian dari Foundation Food Group pada 1 Januari, memproses ayam mentah menjadi produk seperti daging ayam kecil dan potongan ayam individu untuk restoran dan operasi layanan makanan.

Insiden semacam ini bukan yang pertama kalinya terjadi. Bulan lalu, dua pekerja di pabrik Golden West Food Group di Los Angeles County kehilangan kesadaran dan meninggal setelah kebocoran nitrogen cair.

Tags: , , , ,