Menikmati Pagi Merona di Bukit Sembalun

foto : Istimewa

Lombok, Pelitabaru.com

POPULARITAS Pulau Lombok sebagai destinasi wisata yang memiliki keindahan alam menakjubkan sudah tidak diragukan. Ada banyak objek wisata menarik untuk dijelajahi wisatawan. Salah satunya wisata di Bukit Selong.

Bukit Selong merupakan objek wisata berupa perbukitan yang menawarkan keindahan alam Pulau Lombok. Bahkan, berada di bukit ini, traveler dapat dimanjakan dengan pemandangan megah Gunung Rinjani dan keindahan Desa Sembalun.

Bukit ini terletak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), tepat berada di belakang Dusun Beleq.

Untuk menuju Bukit Selong, traveler dapat menaiki bukit dan menyusuri jalan setapak. Meski harus menanjak, rute yang dilalui tidak sulit. Karena hanya ada beberapa anak tangga yang perlu dinaiki. Dalam perjalanan mendaki, kamu akan disajikan dengan pemandangan pohon bambu yang rimbun.

Setelah berada di atas bukit berketinggian 1.800 mdpl, kamu akan dimanjakan dengan keindahan Bukit Pergasingan dan perkebunan hortikultura milik warga yang berlanskap Gunung Rinjani.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memandang salah satu pesona yang terkenal di desa Sembalun, yaitu hamparan sawah warna-warni dengan latar bukit seolah seperti dalam lukisan saat memandangnya. Siapa pun dijamin akan membuat kagum melihatnya.

foto : jonnymelon.com

Bukit Selong juga salah satu spot terbaik untuk berburu golden sunrise. Ada setangkup keindahan semburat jingga dan lembayung kala matahari terbit yang datang dari balik Gunung Rinjani. Momen yang  sangat tepat bagi para pecinta photo selfie.

Di sini juga terdapat gardu pandang, yang menjadi spot kekinian bagi wisatawan untuk berswafoto. Jika Anda mendaki Bukit Selong, dalam perjalanannya jangan lewatkan untuk singgah ke Desa Beleq. Desa ini akan Anda jumpai ketika melewati jalur pendakian.

Desa Beleq merupakan situs peninggalan sejarah masa lampau yang kini menjadi tempat wisata. Di desa ini, Anda akan melihat tujuh bangunan rumah adat dengan atap bambu dan lantai dari tanah liat bercampur kotoran sapi yang mirip seperti rumah adat Desa Sade.

Jika kamu ingin melihat langsung pemandangan perbukitan yang menawan serta Gunung Rinjani yang tersohor itu, kamu bisa naik paralayang dari bukit Siswa Paralayang.

Ternyata pesona desa Sembalun tidak hanya pada wisata alamnya saja, tapi juga ada wisata budaya yang ada di sana. Ada sebuah rumah tenun yang dimiliki desa Sembalun, yang bisa dijadikan wisata budaya oleh pengunjung.

Di tempat tersebut kamu bisa melihat langsung dan mencoba menenun kain khas Lombok. Para wanita di Lombok memang harus bisa menenun sebelum diizinkan menikah, jadi kain tenun tetap lestari di sana. Kamu juga bisa membeli kain dari hasil tenun desa Sembalun.

Untuk mencapai desa ini, kamu dapat melewati dua rute. Rute pertama lewat jalur Utara: Kota Mataram – Pusuk (Monkey’s Forest) – Pemenang – Bangsal – Tanjung – Gangga – Kayangan – Bayan – Senaru – Desa Biluk Petung – Desa Sembalun Lawang (Bukit Selong). Rute kedua lewat jalur Timur: Kota Mataram – Narmada – Mantang – Kopang – Terara – Sikur – Masbagik – Aikmel – Suela – Desa Sembalun Bumbung – Desa Sembalun Lawang (Bukit Selong). (acs)

Tags: , , ,