3 Desa di Cianjur Diterjang Puting Beliung dan Hujan Es

Cianjur, Pelitabaru.com

Hujan es dan angin puting beliung melanda beberapa wilayah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (18/1/2021) sore. Ratusan rumah dilaporkan rusak akibat fenomena alam tersebut.

Daerah yang dilanda bencana alam sekitar pukul 16.30 WIB ini meliputi Desa Padamulya, Desa Girimukti, dan Desa Girijaya di Kecamatan Pasirkuda.

Camat Pasirkuda, Irvan Rustiandi mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun ratusan rumah diperkirakan rusak akibat diterpa angin puting beliung dan hujan es yang melanda tiga desa di Kecamatan Pasirkuda.

“Kami masih melakukan pendataan, kemungkinan jumlah rumah yang terdampak mencapai ratusan,” kata Irvan.

Tak hanya itu, angin puting beliung juga menyebabkan sejumlah pohon besar tumbang dan ada yang menutup akses jalan antardesa.

“Ada akses jalan masih tertutup pohon pinus yang roboh diterjang angin puting beliung,” ujar Irvan.

Selain itu, aliran listrik di wilayah yang terdampak bencana alam tersebut juga mengalami pemadaman akibat tiang dan kabel listrik tertimpa pohon tumbang.

“Untuk sementara penerangan menggunakan obor atau lampu cempor,” ucap Irfan.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Irfan Sopyan, mengatakan aliran listrik di tiga desa hingga pukul 20.00 WIB masih padam lantaran sejumlah tiang listrik milik PLN roboh diterjang angin kencang.

“Namun kami masih menunggu informasi kondisi terbaru dari tim yang baru saja tiba disana,” jelasnya.

Sopyan mengungkapkan, petugas sempat kesulitan untuk menembus sejumlah desa yang terdampak angin puting beliung. Hal ini disebabkan akses menuju tiga desa tersebut tertutup pohon tumbang.

“Petugas kami sempat kesulitan untuk menembus ke lokasi. Tapi sekarang sudah sampai,” ujar Sopyan. (acs)

Tags: , , , ,