9 Kecamatan di Probolinggo Diguyur Abu Vulkanik

dok BNPB

Probolinggo, Pelitabaru.com

Sembilan Kecamatan du Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur diguyur hujan hujan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Semeru.

Kabupaten Probolinggo merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Lumajang di mana Gunung Semeru berada.

Adapun sembilan kecamatan yang diguyur hujan abu vulkanik yaitu Kecamatan Kuripan, Bantaran, Leces, Tegalsiwalan, Dringu, Banyuanyar, Sumberasih, Wonomerto dan Kecamatan Sumber.

“Dilaporkan sembilan kecamatan terdampak hujan abu vulkanik. Tetapi saat ini (hujan abu vulkanik) sudah reda,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi, Minggu (17/1/2021).

Erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (16/1/2021) sore hari pukul 17.24 WIB, mengakibatkan hujan abu vulkanik di beberapa wilayah di Kabupaten Probolinggo pada pukul 17.40 WIB hingga 21.08 WIB.

Sampai saat ini, pihaknya masih mencari informasi dari media sosial dan petugas di wilayah mana saja yang terdampak.

Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat pada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Nia Haerani mengatakan, selain mengeluarkan awan panas guguran, Gunung Semeru di Jawa Timur juga mengeluarkan guguran lava, Sabtu (16/1/2021) pukul 17:24 WIB.

Guguran lava meluncur sejauh 500 hingga 1.000 meter ke arah Curah Kobokan, Kabupaten Lumajang. Sedangkan, awan panas guguran meluncur sejauh sekitar 4 kilometer ke arah yang sama.

“Terjadi awan panas guguran dengan jarak luncur 4 kilometer ke arah Besuk Kobokan,” kata Nia melalui keterangan tertulis, Sabtu, malam.

Berdasarkan hasil pemantauan visual, instrumental dan bahayanya, hingga kini Gunung Semeru masih berstatus waspada. PVMBG saat ini juga sedang melakukan evaluasi lebih lanjut.

“Tingkat aktivitas Gunung Semeru masih ditetapkan pada level II waspada,” ujarnya. (acs/kompas.com)

Tags: , , ,