Langgar Prokes, Belajar Tatap Muka di Tiga Sekolah Disetop

ilustrasi

Aceh, Pelitabaru.com

Pemerintah Kot Banda Aceh menghentikan kegiatan belajar tatap muka di tiga sekolah dasar (SD). Pasalnya, ketiga sekolah tersebut melanggar protokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19.

Sekolah yang ditutup yakni SD 14, SD 46 dan SD Muhammadiyah 2. Di sekolah tersebut juga ditempel spanduk tanda penutupan kegiatan belajar tatap muka.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Saminan Ismail menegaskan sesuai dengan arahan Wali Kota Aceh dan SOP Dinas Pendidikan, bahwa sekolah yang menggelar tatap muka menerapkan protocol kesehatan yang ketat.

Namun, dari hasil pengawasan bahwa sejak pembelajaran tatap muka dibuka pada 4 Januari, Dinas Pendidikan Banda Aceh menemukan  ada enam sekolah yang mengabaikan protocol kesehatan.

Namun setelah diingatkan instansi terkait, tiga sekolah langsung memperbaikinya. Sedangkan tiga sekolah lainnya masih tetap mengabaikan penerapan protokol kesehatan.

“Makanya tadi malam kita menutup sekolah tersebut dan untuk kembali belajar online,” kata Saminan kepada wartawan, Senin (11/1/2021)

Saminan menyatakan akan membuka kembali belajar tatap muka bagi ketiga sekolah tersebut apabila pihak sekolah benar-benar mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, kepala sekolah datang ke Dinas Pendidikan dan membuat pernyaan siap bersedia menjalankan aturan pencegahan viru Corona.

“Kita ingatkan bahwa penerapan prokes ini tidak main-main. Kami anggap penutupan ini sebagai edukasi bagi orang tua, guru dan kepala sekolah,” jelasnya.

Menurutnya, lebih baik menutup sekolah ketimbang menjadi klaster baru. Untuk itu, ia berharap dukungan dari semua pihak termasuk orangtua murid bahwa kebijakan ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. (acs)

Tags: , , , ,