Tol Cipali KM 122 Amblas, Pengelola Bangun Jalur Darurat

Jakarta, Pelitabaru.com

Ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122 arah Jakarta amblas pada Selasa (9/2/2021) dini hari. Pengelola jalan tol berencana akan membangun jalur darurat untuk mengurangi beban lalu lintas.

Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan, jalur daruta ini diperkirakan bakal memakan waktu tiga hari. Pihak ASTRA juga telah berkoordinasi dengan kontraktor untuk melakukan perawatan jalan pada KM 122+400.

“Untuk mengurangi beban lalu lintas, dibangun lajur darurat di median, diperkirakan memakan waktu 3 hari,” kata Agung dalam keterangan tertulis.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk merekayasa lalu lintas tersebut. Contra flow telah diberlakukan sesaat setelah kejadian.

“Saat ini diberlakukan contra flow mulai dari KM 117 hingga KM 126 untuk mengurai kepadatan lalin,” ujarnya.

Dugaan awal jalan tersebut amblas lantaran kondisi curah hujan yang tinggi. Air secera terus menerus masuk kedalam celah-celah aspal sehingga mengakibatkan lapisan tanah amblas.

“Amblasnya karena curah hujan tinggi. Air hujan terus-terusan masuk ke celah-celas aspal yang ngelupas terus amblas,” kata Dept Head Corporate Communication Astra Tol Cipali, Theresia Dyah.

Theresia mengimbau kepada para pengguna jalan agar tetap berhati-hati saat melintas di jalur tersebut dan mengurangi kecepatan.

“Untuk lawan arah diberlakukan dari pukul 03.00 WIB dini hari sampai dengan saat ini,” ujarnya. (acs)

Achmad Zedun

Read Previous

Amblas, Tol Cipali dari Cirebon ke Jakarta Ditutup

Read Next

Minibus Hanyut Terseret Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *