BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Banjir Dua Hari Kedepan

Salah satu sekolah di Kab.Bengkayang yang terendam banjir/dok.Twitter

Jakarta, Pelitabaru.com

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi banjir bandang akibat dampak hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia pada 10-11 Februari 2021 mendatang.

Empat provinsi di Pulau Jawa, yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dikabarkan berstatus siaga banjir. Sementara DKI Jakarta berstatus waspada.

Potensi dampak hujan lebat untuk dampak banjir bandang dapat terjadi di wilayah sebagai berikut; Banten (siaga), Jawa Barat (siaga), Jawa Tengah (siaga), Jawa Timur (siaga), DKI jakarta (waspada),” kata BMKG.

Selain DKI Jakarta, provinsi lainnya juga berstatus waspada banjir yakni Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Lampung.

“Kemudian Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), yang juga berstatus waspada banjir,” dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (9/2/2021).

Lalu empat provinsi berstatus waspada di Pulau Kalimantan, yakni Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Dua provinsi di Sulawesi, yaitu Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, juga berstatus waspada. Terakhir, provinsi Papua juga berstatus waspada banjir.

Status daerah-daerah tersebut berlaku untuk 10-11 Februari 2021. Detail informasi prakiraan berbasis dampak BMKG tersebut dapat diakses melalui link signature.bmkg.go.id. (acs)

Achmad Zedun

Read Previous

Presiden Jokowi Bebaskan Pajak Penghasilan Wartawan

Read Next

Mobil Terseret Banjir Lahar Dingin Semeru Tinggal Rangka

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *