Penampakan Komplek Kuburan di Karet Bivak Tergenang Banjir 

Jakarta, Pelitabaru.com

Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Minggu 7 Februari 2021, dini hari hingga siang, menyebabkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak Jakarta Pusat tergenang.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda mengatakan, genangan air di TPU itu terjadi di blok 15, 16, dan 17 dengan tinggi mencapai 30 sentimeter.

Suku Dinas telah mengerahkan tujuh tangki air dibantu petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat untuk menyedot air. Air itu dibuang ke kali di belakang lokasi TPU Karet Bivak.

Meski begitu, genangan air masih belum juga surut lantaran kontur tanah di blok 15, 16, dan 17 berbentuk cekungan. Selain itu, lokasi lahan malam TPU Karet Bivak berada lebih rendah dari permukaan saluran air di jalan.

Karena itu air yang menggenang tidak dapat dibuang ke saluran air di jalan, melainkan ke kali yang berada di belakang lokasi makam.

“Kendala lainnya jika hujan lebat kali meluap dan menggenangi lokasi permukiman,” terangnya.

Mila berharap dapat bekerja sama dengan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat untuk menangani genangan secara permanen. Dia juga berharap Sudin SDA Jakarta Pusat bisa bekerja sama untuk mengoptimalisasi embung yang dibuat di sekitar makam serta menambah jumlah pompa di lokasi makam. (acs)

Achmad Zedun

Read Previous

Sungai Cidurian Meluap, Rumah Guru SD di Jasinga Rusak

Read Next

Jalan Menuju Kota Tua Ditutup Hari Ini, Berikut Pengalihan Rutenya

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *