Labuan Cermin, Danau Sebening Kaca

foto : by falahbayhaqiDotCom

Berau, Pelitabaru.com

Kalimantan Timur punya tempat wisata alam yang lagi hits lho, Danau Labuan Cermin namanya! Danau yang satu ini mempunyai keindahan alam yang akan membuat kamu kagum. Suasananya yang masih alami akan membuat liburanmu makin fresh.

Danau dua rasa ini berada di daerah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau ini terkenal disebut Danau Labuan Cermin karena airnya yang begitu bening dan mengkilap layaknya cermin.

Bahkan saking beningnya penglihatan kita sampai tembus ke dasar danau. Airnya yang berwarna hijau kebiruan serta memiliki dua rasa yang berbeda, menjadi keunikan tersendiri.

Konon katanya Danau Labuan Cermin merupakan sebuah danau yang dulu pernah dijadikan tempat mandinya para Raja Berau.

Danau Labuan Cermin merupakan salah satu wisata air atau bahari yang dikelola oleh masyarakat sekitar dengan “Lekma Lamin” atau Lembaga Masyarakat Labuan Cermin yang menaunginya.

Yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi danau ini salah satunya tidak lain adalah kejernihan dan beningnya air di danau tersebut.

Danau yang memiliki kedalaman kurang lebih 3 meter, bisa kamu lihat dasarnya dari atas permukaan, bahkan cahaya dari atas bisa tembus sampai ke dasar. Itu membuktikan kalau air tersebut benar-benar bening. Kejernihan air dengan warnanya hijau kebiruan benar-benar menyejukan mata.

foto : by IG of brinkleydavies

Jadi, jika kamu tidak ingin berenang, panorama underwater dari danau ini bisa kalian lihat dengan mudah dari atas perahu. Ikan-ikan kecil yang ada di danau ini juga lebih jelas terlihat. Pemandangan yang menakjubkan cukup membuatmu rileks dan merefresh otak kamu dari segala kepenatan.

Hal terunik yang bisa kamu dapatkan serta rasakan di tempat ini yaitu kandungan air danau ini. Terdapat dua kandungan air yaitu tawar serta asin.

Benar-benar luar biasa. Dua air yang berbeda, berada di satu tempat. Untuk air yang diatas permukaan, memiliki kandungan air tawar dan sebaliknya untuk bagian bawah atau dasar kandungan airnya asin.

Jika kamu tidak percaya, kamu bisa diving agar mengetahui batasan air tawar serta asin tersebut. Kemudian cicipi, bedakan sendiri rasa air yang ada di permukaan dengan air yang di dasar atau di bagian bawah.

Berwisata air atau bahari kurang lengkap jika tidak menceburkan diri untuk berenang. Apalagi airnya begitu jernih dan bening. Bakal nyesel deh kalau gak nyebur.

Kualitas air yang jernih menjadi salah satu magnet yang membuat para wisatawan tak sabar untuk menikmati kejernihan air tersebut. Saat berenang, badan seketika menjadi segar serta pikiran pun menjadi fresh, seolah-olah segala penat dan masalah luntur terbawa arus air.

foto : source : @mhmd_ardhan

Salah satu aktivitas yang wajib kamu lakukan saat berwisata ke danau dua rasa ini yaitu diving. Panorama dasar danau yang indah, lengkap dengan biotanya menggugah hati para wisatawan untuk menyelaminya.

Uniknya lagi, kamu bisa menikmati keindahan biota air tawar dan asin sekaligus. Salah satunya yaitu segerombolan ikan yang asyik berenang kesana kemari.

Perjalanan ke danau ini membutuhkan waktu 8 jam melalui darat dari Bandara Kalimarau. Bagi kalian yang ingin berlibur dengan santai, bisa menggunakan travel yang ada sekitar Kabupaten Berau.

Saat melakukan perjalanan menuju Danau Labuan Cermin, tidak hanya deretan pepohonan hutan hujan tropis yang bisa kamu nikmati, kamu pun akan mendapati beberapa perkebunan sawit milik warga sekitar.

Jika kamu berwisata ke Berau Kalimantan Timur yaitu khususnya ke Danau Labuan Cermin, kamu tak usah khawatir akan tidur dimana. Karena terdapat banyak hotel di Berau Kalimantan Timur yang dekat dengan tempat wisata tersebut. (acs)

pelitaonline

Read Previous

Polisi Periksa Saksi, Dinkes Tuding Tangerang

Read Next

Polisi Jabar Bakal Blokir Kendaraan yang Kena Tilang e-TLE

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *