10 Kamera e-TLE Segera Dipasang di Koridor Transjakarta dan Jalan Ibu Kota

Jakarta, Pelitabaru.com

Kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (e-TLE) akan dipasang di sepuluh koridor Transjakarta dan ruas jalan tol.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya bakal berkoordinasi dengan pihak Transjakarta dan pengelola tol terkait rencana tersebut.

“Untuk update terakhir perkembangan pemasangan kamera di 10 koridor busway dan pemasangan kamera di jalur tol,” kata Sambodo kepada wartawan, Kamis (4/2/2021).

Rencana tersebut dilakukan sembari menunggu keputusan dari Pemprov DKI Jakarta terkait penambahan 50 kamera e-TLE di ruas jalan ibu kota. Adanya penambahan jumlah kamera tilang elektronik ini dapat mempermudah tugas personel polantas di lapangan.

“Sehingga anggota dapat lebih fokus pegaturan lalu lintas, tidak kepada penangkap pelanggaran karena penangkap pelanggaran sudah oleh kamera,” ujarnya.

Selain penambahan jumlah kamera, ke depannya peningakatan fitur juga akan dilakukan. Mulai dari menangkap pelanggaran over capacity, penggunaan helm, hingga pelanggaran batas kecepatan.

Untuk saat ini, diketahui kamera e-TLE baru dapat menangkap pelanggaran aturan ganjil genap, penggunaan safety belt, penggunaan handphone, hingga pelanggaran marka jalan.

“Selain jumlah kamera ditambah, jenis pelanggaran yang bisa ditangkap kamera mudah-mudahan bisa kita tingkatkan,” kata Sambodo. (acs)

 

Achmad Zedun

Read Previous

Orient Akan Kembali Pulang ke AS Bila Gagal Jadi Bupati

Read Next

Cerita Paman, Keponakannya Meninggal Akibat Kedinginan di Tenda Pengungsian Sulbar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *