Pulau Kenawa, Sepotong Surga di Sumbawa

foto : @stories_of_srilanka

Mataram, Pelitabaru.com

Tenang dan damai, itulah kesan pertama ketika Anda menginjakkan kaki di Pulau Kenawa. Tidak ada kicauan burung bernyanyi, suara gelombang ombak juga tidak besar. Hanya sesekali suara riak kecil di pantai. Sejauh mata memandang hanya ada hamparan padang rumput, sejumlah bale (gazebo), dan sebuah bukit kecil di ujung pulau. Ini benar-benar tempat yang sempurna untuk mencari ketenangan.

Pulau Kenawa terletak di barat laut Pulau Sumbawa, tepatnya di Selat Alas, tidak jauh dari pelabuhan penyeberangan Poto Tano, Sumbawa Barat.

Pulau Kenawa menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Kombinasi perbukitan alami, padang rumput (savana), hamparan pantai berpasir putih dan air laut berwarna biru gradasi hijau, menjadikan Pulau Kenawa begitu indah dan mengesankan.

foto : @indonesia_geographic

Pulau dengan luas area sekitar 13,8 hektar ini adalah pulau tak berpenghuni dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga sangat tenang. Ini benar-benar seperti sebuah pulau pribadi.

Untuk penggemar fotografi, Pulau Kenawa adalah surganya. Setiap sudut pulau ini begitu menarik. Bukit-bukit kecil, padang rumput luas, dan pantai berpasir putih adalah beberapa objek foto yang harus diabadikan saat berkunjung ke Pulau Kenawa. Untuk mendapatkan panorama yang lebih menawan, Anda dapat naik ke sebuah menara yang tidak jauh dari dermaga. Namun, harus ekstra hati-hati, sebab anak tangga di menara ini rusak.

Kehidupan bawah laut yang spektakuler dengan kedalaman yang hanya satu sampai dua meter serta kristal air laut yang tampak jelas di sekitar pulau Kenawa, menjadi alasan mengapa banyak pengunjung melakukan aktivitas snorkeling. Untuk bisa snorkeling di Pulau Kenawa, Anda harus membawa perlengkapan dari rumah, karena disekitar pulau tidak terdapat tempat penyewaan peralatan snorkling.

Di bawah laut Anda dapat menyaksikan berbagai terumbu karang yang indah berwarna-warni, baik karang keras ataupun karang lunak. Selain itu, berbagai jenis anemon juga tersebar di bawah air Pulau Kenawa, mulai dari karang meja (Acropora sp.), karang Brain (Diploria labyrinthiformis), karang kubis (Montipora sp.).

foto : @oci_fhrzy

Tak hanya itu, ratusan jenis ikan dari segala bentuk dan ukuran serta bintang laut biru (Linckia laevigata) juga hilir mudik mewarnai bawah laut Pulau Kenawa.

Tidak puas menjelajahi bawah laut Pulau Kenawa dengan snorkling, pengunjung juga dapat menikmati seluruh pemandangan Pulau Kenawa dari puncak bukit yang berada tak jauh dari pulau ini. Panorama dari sini mampu membuat Anda takjub akan keindahan hamparan laut dan gugusan pulau.

Untuk mencapai pulau Kenawa, terlebih dahulu Anda harus terbang ke Mataram, ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dari Mataram, perjalanan dilanjutkan ke Pelabuhan Surga, Lombok Timur dengan waktu sekitar dua jam. Anda dapat naik angkutan umum atau menyewa mobil dari Mataram ke Pelabuhan Surga. Selanjutnya anda bisa naik feri ke Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa dalam waktu dua jam. Dari Pelabuhan Poto Tano, Anda bisa naik ojek atau berjalan ke Desa Poto Tano atau dengan menyewa perahu nelayan setempat. Perjalanan dari Desa Poto Tano Kenawa pulau ini hanya sekitar 15 menit. (acs)

 

pelitaonline

Read Previous

Ridwan Kamil Tak Kepikiran Keluarkan Kebijakan Lockdown di Jabar

Read Next

Mandul, DPRD Desak Pemkab Evaluasi Kinerja Satgas Wilayah

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *