Mandul, DPRD Desak Pemkab Evaluasi Kinerja Satgas Wilayah

Sumber gambar : https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Coronaviruses_004_lores.

Bogor, Pelitabaru.com

Kinerja Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor di level wilayah dinilai terlalu lemah. Kondisi ini membuat tren peningkatan jumlah pasien Covid-19 di bumi tegar beriman sulit terkendali. DPRD pun mendesak pemkab agar segera melakukan evaluasi.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Agus Salim meminta Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap satgas covid-19 di wilayah.

“Pemerintah harus melakukan evaluasi dari tingkat paling bawah, mulai dari Satgas Covid-19 di tingkat RT, RW, desa hingga kecamatan,” kata Agus Salim, kemarin (2/2/2020).

Selain melakukan evaluasi, Pemkab Bogor juga mencukupi semua kebutuhan satgas wilayah agar penanganan Covid-19 berlangsung efektif.

“Selain evaluasi, pemerintah juga mesti support mereka. Apa yang mereka butuhkan berikan, tapi dengan konsekuensi tracing harus maksimal,” tegasnya.

“Makannya kalau ada kekurangan jangan hanya dievaluasi saja, tapi berikan mereka support. Karena saat ini penanganan Covid-19 di bawah belum sepenuhnya maksimal,” sambung Agus Salim.

Belum maksimalnya penanganan Covid-19 di level bawah diduga menjadi penyebab perbedaan data Cpvid-19 antara Kabupaten Bogor dengan data Covid-19 yang ada di Jawa Barat.

“Banyak masyarakat yang memilih isolasi mandiri di rumah, tapi tidak ada laporan, data pun tidak masuk. Ini mungkin yang membuat data Covid-19 berbeda. Makannya saya minta penanganan Covid-19 di bawah harus digencarkan kembali,” tandasnya.

Sebelumnya, salah satu kasus terbaru seperti yang dialami warga Bantarjaya, Kecamatan Rancabungur. Sejak terkonfirmasi positif Covid-19 hingga sembuh, tak ada sekalipun sentuhan dari satgas desa maupun kecamatan.

Kondisi ini jelas memprihatinkan. Sebab, Satgas Covid-19 di wilayah menjadi garda terdepan dalam upaya menekan penyebaran Covid-19. Mereka yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di akar rumput sehingga posisinya penting untuk menyukseskan kebijakan pemerintah daerah dalam menanggulangi pandemi ini. (ega/met)

pelitaonline

Read Previous

Pulau Kenawa, Sepotong Surga di Sumbawa

Read Next

Bupati Denda Manajemen ‘Ikatan Cinta’ Puluhan Juta Rupiah

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *