Sekretaris Dirut RS Pemalsu Surat Rapid Test Antigen Dibekuk Polisi

Makassar, Pelitabaru.com

Pelaku pembuatan surat keterangan rapid test antigen palsu di bandara internasional Sultan Hasanuddin, Makassar diringkus polisi usai buron selama tiga hari.

Tersangka berinisial AH alias Endi (32) ditangkap di rumah kerabatnya, di Kabupaten Maros, Minggu (31/1/2021) dini hari.

Kasus ini terbongkar pada Kamis (28/1/2021). Ada 18 calon penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin gagal diberangkatkan karena menggunakan surat rapid test antigen palsu.

“Pelakunya orang yang sama atas nama Endi yang kita amankan dini hari tadi,” kata Kasat Reskrim Polres Maros, Iptu Rusli, Senin (1/2/2021).

Endi adalah sekretaris direktur rumah sakit swasta di Makassar. Dia membuat surat keterangan palsu itu di ruangan pimpinannya.

“Waktu membuat surat keterangan palsu tanpa sepengetahuan pimpinan yang bersangkutan,” ujar Rusli.

Endi menjual setiap lembar surat keterangan rapid test antigen berlogo RS UIT itu seharga Rp 200 hingga Rp 250 ribu. Pelaku memanfaatkan situasi terkait persyaratan penerbangan.

Kasus ini mulanya ditangani Polsek Bandara Sultan Hasanuddin kemudian dibantu Polres Maros. Kasus pertama yang ditindaklanjuti dan terungkap pada Kamis (28/1/2021), yakni surat keterangan rapid antigen palsu yang berkop salah satu rumah sakit swasta di Makassar.

Pelakunya diketahui atas nama Endi berdasarkan orang yang bertindak sebagai penghubung antara pelaku dan para calon penumpang.

Tim gabungan dari Polsek Bandara dan Polres Maros kemudian mencari pelaku ke tempat kerjanya tapi yang bersangkutan tidak masuk kantor. Selanjutnya polisi mengejar ke rumahnya di Kabupaten Gowa dan bertemu anak istri pelaku tapi juga nihil. (acs/net)

Achmad Zedun

Read Previous

Pantai Ngurbloat, Pasir Halus Bak Tepung

Read Next

Usai Tembak Mati Warga Sipil Papua, KKB Kirim Surat ke TNI dan Polri

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *