Magelang Diguyur Hujan Deras dan Butiran Es Sebesar Biji Kedelai

Magelang, Pelitabaru.com

Hujan dengan intensitas tinggi terjadi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (1/2/2021) sore. Bahkan, beberapa wilayah mengalami hujan lebat disertai es.

Informasi yang dihimpun, hujan es terjadi di Desa Salamkanci Kecamatan Bandongan, Desa Banyudono dan Desa Krogowanan Kecamatan Dukun serta Desa Sawangan Kecamatan Sawangan.

Fenomena alam yang berlangsung sekitar 10 menit itu tidak menyebabkan korban jiwa maupun kerusakan yang berarti.

Kepala Desa Banyudono Nurhadi menuturkan, sebelum hujan es, awan tebal berwarna abu-abu pekat menyelimuti langit desanya sekitar pukul 14.30 WIB. Tak lama kemudian turun hujan sangat deras dan diikuti butiran-butiran es.

“Saya lagi di dalam kandang ayam turun hujan deras sekali, terus terdengar suara seperti asbes dilempari batu kecil-kecil,” kata Nurhadi.

Ia kemudian keluar dan melihat butiran es berukuran sekitar biji kedelai. “Di tempat saya cuma sebentar, sekitar 10 menit,” ujarnya.

Fenomena alam itu juga dirasakan warga Desa Salamkanci. Sejumlah warga melihat butiran es jatuh dari langit bersamaan dengan hujan deras.

“Berlangsung sekitar 10-15 menitan. Bunyinya keras menimpa genteng,” kata Kepala Desa Salamkanci Dwi Joko Susanto.

Hujan es dibenarkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Magelang Irianto Purwadi. Ia mendapati laporan terjadi hujan es di sejumlah desa di Magelang.

“Seperti di Desa Sawangan dan Krogowanan, tapi cuma sebentar. Kalau atapnya dari seng, suaranya terdengar keras,” kata Irianto.

Pelaksana tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto mengatakan, tidak ada laporan korban ataupun kerusakan akibat hujan es yang terjadi di beberapa wilayah di Magelang.

“Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan,” ujar Edy. (acs)

Achmad Zedun

Read Previous

Ngaku Anak Pejabat Satpol PP Kota Bogor, Pria Ini Tipu Pelamar PKWT

Read Next

Pulihkan Dunia Usaha, Sri Mulyani Berikan Insentif Fiskal Hingga Pembiayaan

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *