Bandung dan Cirebon Akan Terapkan Tilang Elektronik

Bandung, Pelitabaru.com

Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar menyampaikan sistem tilang elektronik atau e-TLE rencananya bakal berlaku di Kota Cirebon dan Bandung, sebagai program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo itu.

Polda Jabar kini tengah  mempersiapkan sejumlah sarana dan prasarana untuk melaksanakan tilang elektronik atau e-TLE. Sejumlah personel pun dilatih untuk mengaplikasikan e-TLE.

“Software dan perangkat kerasnya sedang disiapkan. Termasuk pelatihan anggota. Di beberapa daerah infrastrukturnya sudah siap,” ucap Direktur Lalu Lintas Polda Jabar Kombes Eddy Djunaedi kepada wartawan, Senin (1/2/2021).

Menurut Eddy, pelaksanaan e-TLE ini tidak akan serentak diberlakukan di seluruh daerah di Jabar. Untuk sementara e-TLE ini kemungkinan akan diberlakukan di dua daerah terlebih dahulu yakni Kota Bandung dan Kota Cirebon.

“Untuk di Jabar akan diberlakukan di Kota Bandung dan Kota Cirebon,” kata Eddy.

Namun itu pun diberlakukan di beberapa ruas jalan tertentu yang sudah dilengkapi CCTV. “Karena belum semua ruas jalan dilengkapi infrastrukturnya, jadi untuk beberapa ruas jalan dulu. Ke depan bisa dikembangkan,” tuturnya.

Eddy mengatakan pihaknya tengah memfinalisasikan sejumlah sarana dan prasarana untuk penerapan e-TLE ini. Untuk pemberlakuannya, lanjut Eddy, kemungkinan akan dijalankan dalam waktu dekat.

“Saat ini masih progres. Semoga sebulan lagi sudah selesai dan bisa di launching,” kata dia. (acs)

Achmad Zedun

Read Previous

Usai Tembak Mati Warga Sipil Papua, KKB Kirim Surat ke TNI dan Polri

Read Next

Abu Janda Diam-diam Jalani Pemeriksaan di Bareskrim

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *