Telaga Nirwana, Destinasi Wisata Anti-Mainstream

foto : http://dispar-rote.net/

NTT, Pelitabaru.com

Keindahan alam yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah terkenal hingga mancanegara. Bagaimana tidak, di sana juga terdapat spesies hewan purba Komodo di Labuan Bajo.

Tetapi, jika ingin mendapatkan keindahan alam yang tak kalah dengan Labuan Bajo, berkunjunglah ke Pulau Rote. Rote merupakan salah satu pulau di Nusa Tenggara Timur yang memiliki banyak kekayaan alam serta destinasi wisata. Keindahannya takkan pernah habis untuk dibahas. Pulau paling selatan di Indonesia memang sangat memesona. Salah satu destinasi wajib untuk disambangi di sana adalah Telaga Nirwana.

Telaga Nirwana merupakan tempat wisata yang belakangan ramai dikunjungi wisatawan. Lokasinya ada di Dusun Kotalai, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao. Kurang lebih 200 meter dari bibir pantai Buedale.

Telaga yang mulai populer dua tahun belakangan ini beda dengan tempat wisata lain. Terdapatnya batu berbentuk hati yang tercipta secara alami di tengah telaga. Batu berbentuk hati itu diselimuti hamparan pasir putih ala salju di dasar air jernih tembus pandang. Uniknya tempat membuat banyak wisatawan datang hanya untuk sekedar melihat dan berfoto ria di sini.

foto : Instagram.com/zindan_habsyi

Airnya tidak dalam. Hanya sebatas pinggang orang dewasa. Kaum rebahan juga boleh mengambang di atas ban sembari menikmati sinar mentari dan angin sayup-sayup, bagaikan berada di private pool. Sensasinya bakal sangat asyik, apalagi ditemani udara sejuk serta kicauan burung merdu.

Warga setempat memberi istilah untuk Telaga Nirwana itu bahwa keindahannya bagaikan seorang gadis jelita nan cantik yang masih perawan dan belum mengenal dunia luar. Maknanya, keindahannya akan memikat setiap hati orang yang berkunjung ke Telaga Nirwana itu.

Posisi Telaga Nirwana bisa dibilang cukup strategis, dilihat dari keseruan yang ditawarkan. Bagaimana tidak, telaga ini dikelilingi pepohonan rindang dan hijau yang tumbuh subur. Lantaran belum terlalu dikenal masyarakat luas, atmosfer di sekitarnya relatif sepi.

Jika tertarik menjelajahi Telaga Nirwana, Anda dapat menyewa sampan milik nelayan di bibir Pantai Buedale. Anda dapat Mendayung sampan sekitar 200 meter, dan butuh waktu kurang lebih 10 menit sudah sampai di tempat.

Untuk menggunakan jasa perahu, Anda cukup membayar Rp25.000 untuk pulang-pergi. Di bibir pantai juga sudah disiapkan tujuh perahu. Bagaimana, tertarik menikmati keindahan Telaga Nirwana di Pulau Rote? (acs)

pelitaonline

Read Previous

Kabupaten Bogor Dapat Jatah 25 Ribu Dosis, Penyuntikan Vaksin di 143 Lokasi

Read Next

Inalillahi Wainnailaihi Rojiun, Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar Meninggal Dunia

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *