5.090 Nakes di Kota Bogor Tak Lolos Vaksinasi, Ini Penyebabnya

Bogor, Pelitabaru.com

Kepala Dinkes Kota Bogor Sri Nowo Retno menyebutkan dari 9.533 tenaga kesehatan yang terdaftar sebagai calon penerima vaksin Covid-19 hanya 4.443 orang yang lolos skrinning.

“Per hari Rabu kemarin ada 5.090 nakes tidak lolos skrining karena penyintas, memiliki komorbid dan lainnya,” ujar Sri Nowo, Kamis (28/1/2021).

Dinas Kesehatan Kota Bogor menargetkan awal Februari 2021 vaksinasi untuk tenaga kesehatan rampung. Untuk mencapai target itu berbagai upaya terus dilakukan. Misalnya, menambah kapasitas jumlah calon penerima, menambah jam layanan, tidak ada pembatasan dan cukup menunjukkan e-KTP.

“Jam layanan dibuka dari jam 08.00 sampai 15.00 WIB. Ini untuk mempercepat akselerasi pelaksanaan vaksinasi nakes,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim menyatakan dari 9.533 sasaran terdapat tenaga kesehatan yang tidak lolos skrining karena penyintas, memiliki komorbid dan lainnya.

“Sehingga jatah nakes ini bisa saja dimanfaatkan untuk masyarakat lain,” kata Dedie.

Setelah rampung melakukan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan, sembari menunggu instruksi lebih lanjut dari Pemerintah Pusat, pihaknya akan mempersiapkan vaksinasi Covid-19 berikutnya di 63 titik. Sasarannya adalah TNI, Polri, PNS dan ASN yang melayani masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Dedie mengaku tidak merasakan adanya gejala baik ketika disuntik vaksin pertama maupun kedua. Dedie adalah satu dari sepuluh pejabat yang menerima vaksin perdana.

“Sejauh ini Alhamdulillah tidak ada hal-hal yang perlu dikhawatirkan. Artinya tidak ada efek samping yang membahayakan, semua fungsi berjalan dengan baik, aman, sehat,” ujar Dedie usai disuntik vaksin. (acs)

Achmad Zedun

Read Previous

Diduga Rasis, Abu Janda Dipolisikan

Read Next

Abu Janda Sebut Islam Arogan, PBNU: Agar Indonesia Gaduh

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *