Kapal Bermuatan Sembako Ludes Terbakar di Perairan Sulteng

Luwuk, Pelitabaru.com

Kapal barang KM Empat Bersaudara tenggelam usai terbakar di Perairan Banggai Laut, Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa sore (26/1/2021).

Kapal bermuatan sembako tersebut terbakar saat bertolak dari Banggai Luwuk, Sulteng menuju ke Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Informasi yang diperoleh, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 WITA di perairan antara Pulau Timpaus dan Pulau Kasuari Kecamatan Bokan Kepulauan, Kabupaten Banggai Laut, Sulteng.

Kapolres Banggai Laut AKBP Reja Simanjuntak membenarkan adanya kapal bermuatan sembako terbakar. Ia mengatakan kapal itu membawa sejumlah barang seperti 50 sak semen, 80 Karung beras serta jenis sembako lainnya.

“Betul, terbakar. Di sana jaringan sangat susah sehingga sulit mendapatkan informasi secara detail atau dokumentasi lainnya,” kata Reja Simanjuntak, Selasa malam.

Reja memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden terbakarnya kapal tersebut. Empat orang terdiri dari tiga ABK dan seorang nakhoda menjalani perawatan medis di Puskesmas Kasuari.

“Semua ABK dan nakhoda kapal selamat, kini dirawat di Puskesmas Kasuari,” terangnya dilansir detik.com.

Ia menerangkan, insiden itu terjadi saat kapal tersebut bertolak dari Pelabuhan Banggai Luwuk, Sulteng menuju Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara. Menurutnya, pemicu terbakarnya kapal tersebut karena cuaca buruk ketika berlayar di antara dua pulau di wilayah Banggai Laut.

“Akibatnya, kompor yang saat itu digunakan memasak terbalik sehingga muatan terbakar hingga merembet ke badan kapal dan tenggelam,” terangnya.

Berdasarkan informasi bahwa kapal itu tak hanya sembako yang hangus, namun juga uang tunai dari penjualan hasil bumi sebanyak Rp 1 miliar ikut terbakar. (acs)

Achmad Zedun

Read Previous

Yunan: Blokir Kendaraan Mudah dan Gratis

Read Next

Menikmati Pagi Merona di Bukit Sembalun

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *