Nusa Penida, the Blue Paradise Island

foto : www.livingoutlau.com

Bali,

THE Blue Paradise Island, begitu julukannya. Nusa Penida, Bali dikenal dengan kemegahan tebing karang yang membentang sepanjang pesisir pulau. Sebuah tempat wisata bak surga yang kaya dengan beragam jenis biota laut.

Di Nusa Penida, pengunjung dapat menikmati keelokan setiap pantai. Salah satu spot favorit destinasi wisata ini yakni Broken Beach. Pasih Uug bahasa daerahnya, yang berarti pantai rusak. Nama Pantai Rusak muncul lantaran dinding-dinding tebing yang rubuh dan berlubang secara alami yang jadi latar lokasi. Fenomena tebing tak beraturan tersebut justru membuat tempat itu bernilai arsitektur khas dan mempunyai daya pikat tersendiri. Wisatawan kemudian menyebutnya sebagai Broken Beach.

Untuk merasakan kemegahan panorama, wisatawan bisa mendatangi Angels Billabong, suatu cerukan kecil yang diyakini warga sebagai tempat pemandian bidadari. Saat air pasang, wisatawan dapat menyaksikan kedahsyatan buih yang bergulung menghantam karang. Berenang menjadi pilihan yang tepat bila air laut sedang tenang, lantaran kolam kecil berbentuk lubang bebatuan tersebut berada lebih tinggi dari kondisi normal air laut. Angels Billabong salah satu spot wisata di Nusa Penida yang Instagramworthy banget.

foto : www.tripzilla.id

Selain itu, ada Pantai Klingking. Sesuai namanya, Pantai Klingking merupakan bukit batu karang dengan bentuk menyerupai jari kelingking manusia. Di sekelilingnya, tampak tebing terjal setinggi sekitar 150 meter berhadapan dengan laut lepas. Pemandangan yang indah dengan gulungan ombak menyentuh pasir putih membuat wisatawan betah berlama-lama di atasnya, meski untuk sampai ke pantai harus melewati anak tangga yang cukup terjal.

Dari puncak bukit, kamu bisa melihat liukan batu karang yang kokoh. Namun bila diperhatikan lebih seksama, di bawahnya terdapat pantai berpasir putih dengan nuansa alami yang luar biasa.

Pantai Klingking tercatat pernah masuk urutan kesembilan dalam daftar pantai tercantik di Asia versi CNN Travel, juga dinobatkan sebagai pantai terbaik ke-19 di dunia versi platform wisata Trip Advicer. Dari Broken Beach, pantai ini bisa ditempuh dalam kurang lebih setengah jam perjalanan darat.

Kegiatan yang wajib dilakukan adalah diving. Nusa Penida sangat kaya dengan spot-spot dive. Sambil menyelami taman laut, wisatawan bisa berkenalan dengan salah satu spesies laut berukuran besar, yaitu ikan pari yang kerap disebut sebagai manta. Ikan ini diketahui bersahabat dengan para penyelam.

Spot menyelam lainnya yakni Crystal Bay, airnya yang jernih, ombak yang tenang dengan kekayaan ikan mola-mola atau ikan matahari yang biasanya muncul setiap Juli hingga Oktober. Menyapa berbagai jenis biota laut seperti penyu, ikan badut dan beragam spesies lainnya juga akan menambah pengalaman tersendiri.

Perlengkapan selam biasanya sudah tersedia dari paket wisata yang disewakan. Namun wisatawan disarankan untuk menggunakan alat selam milik pribadi, demi kebersihan dan kesehatan.

Spot wisata di Nusa Penida bukan sekadar pantai, karang dan laut. Ada juga perbukitan yang keren karena lanskapnya yang tidak biasa.

Berada di wilayah Tanglad, kontur perbukitan yang ‘lucu’ ini lebih dikenal dengan sebutan Bukit Teletubbies. Alasannya, ya karena memang bentuknya seperti daerah tempat Tinky Winky, Dipsy, Lala dan Pooh bermain. (acs)

pelitaonline

Read Previous

RS di Jabodetabek Colaps, Pasien Covid-19 Sulit Cari Ruang ICU

Read Next

Warga Cianjur Keberatan Terima Bansos Ayam Hidup di e-Waroeng

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *