Jokowi Pastikan Program Bansos Dilanjut Tahun 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, Pelitabaru.com

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa bantuan sosial  (bansos) dan sejumlah insentif lain bagi masyarakat terdampak pandemi serta para pelaku UMKM akan dilanjutkan sepanjang tahun 2021 ini.

Hal tersebut menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam jangka pendek untuk menghadapi masa pandemi COVID-19.

Adapun program itu adalah kartu sembako, Program Keluarga Harapan, bantuan sosial tunai, Program Kartu Prakerja, Bantuan Langsung Tunai Desa, insentif tenaga kesehatan dan pemberian insentif usaha termasuk bagi UMKM.

“Akan kita teruskan yang berkaitan dengan bantuan sosial untuk yang tidak mampu. Kemudian yang berkaitan dengan bantuan untuk usaha mikro, kecil dan menengah. Insentif pajak atau bantuan modal darurat,” ujarnya saat menjadi pembicara kunci dalam Kompas100 CEO Forum Tahun 2021 pada Kamis 21 Januari 2021 pagi, secara virtual dari Istana Negara, Jakarta.

Pemerintah juga akan memberikan perhatian bagi masyarakat yang terkena dampak pemutusan hubungan kerja (PHK) melalui salah satu program pemerintah yaiut Kartu Prakerja.

Semua program dan upaya tersebut dimaksudkan untuk menjaga daya beli masyarakat sekaligus membantu meringankan beban yang dirasakan oleh mereka yang terdampak pandemi saat ini.

Jokowi mengungkap telah menganggarkan Rp172,3 triliun untuk melaksanakan program bantuan tersebut supaya daya beli dan konsumsi masyarakat yang tertekan oleh virus corona bisa dipulihkan.

Sebagai informasi, pemerintah mengalokasikan belanja dalam APBN 2021 sebesar Rp2.750 triliun. Itu digunakan untuk belanja pemerintah pusat Rp1.954,5 triliun dan transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) Rp795,5 triliun.

Kemudian, pemerintah menargetkan penerimaan negara tahun depan sebesar Rp1.743,65 triliun. Target itu terdiri dari penerimaan perpajakan sebesar Rp1.444,54 triliun, penerimaan negara bukan bapak (PNBP) Rp298,20 triliun, dan penerimaan hibah Rp900 miliar. (acs)

Achmad Zedun

Read Previous

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bogor Meninggal karena Covid-19

Read Next

Kesal Harga Anjlok, Peternak Buang Telur ke Sawah

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *