Pantai Oetune Bak Gurun Sahara

foto : IG: loopntt via www.instagram.com

Pulau Timor, Pelitabaru.com

“Indonesia negara yang menyimpan banyak serpihan surga di dalamnya”

Kalimat tersebut menggambarkan bagaimana orang-orang belahan dunia melihat negeri yang kaya dan subur ini. Berbagai macam tempat yang begitu eksotis dapat dengan mudah ditemukan, dari ujung Sabang hingga Merauke. Salah satunya adalah Pantai Oetune yang berada di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur.

Tak seperti pantai pada umumnya, Oetune memiliki pemandangan menakjubkan berupa hamparan padang pasir yang terbentang luas. Hamparan pasir putih yang luas dan berada tidak jauh dari Pantai Oetune akan membuatmu berdecak kagum. Kamu akan merasa berada di gurun  di negara Timur Tengah. Tekstur pasir yang lembut dan hamparan pasir yang tertiup angin membentuk pola-pola gelombang persis di gurun Sahara.

Perpaduan padang pasir dan pepohonan seperti ini biasanya banyak terjadi di belahan bumi bagian Afrika. Bedanya, kamu tidak akan menemukan hewan Unta di sini.

Suhu udara yang ada di gurun pasir Pantai Oetune juga tentunya berbeda dengan gurun aslinya. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan kepanasan seperti di gurun aslinya ya. Selain itu, pemandangan ini menjadi lengkap dengan adanya suara deburan ombak lautan.

Pantai Oetune menjadi destinasi favorit karena keindahan laut dan hamparan pasirnya yang begitu ciamik dan instagamable. Selain hamparan pasir putihnya yang begitu lembut, Pantai Oetune juga memiliki gelombang ombak pecah yang sangat unik di setiap gulungannya. Di sepanjang batas pantainya juga tumbuh pohon Kasuari yang berjarak 6 – 8 meter, dan diperkirakan berusia hingga puluhan tahun.

foto : http://www.wisataoke.com/

Karena letaknya yang jauh dari keramaian kota, pemandangannya ketika malam hari pun tak kalah indah. Lihat aja tuh gimana taburan bintangnya yang gemerlapan. Keren banget kan!?

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat matahari terbit, artinya kamu harus berangkat dari Kupang ketika masih pagi buta. Kecantikan hamparan pasir Pantai Oetune ini bahkan telah diakui dan turut disebarluaskan oleh Good News From Indonesia.

Hingga saat ini, destinasi wisata yang berada di Oebelo, Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Pulau Timor, Provinsi NTT ini masih sangat begitu terjaga keasriannya, pemandangannya pun benar-benar alami.

Rute Menuju Pantai Oetune

Berjarak sekitar 115 km dari Kota Kupang dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2,5-3 jam lamanya. Pengunjung dapat menyewa kendaraan terlebih dahulu di Kota Kupang ataupun menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi pantai.

Pengunjung harus melintasi jalur lintas selatan yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada awal tahun 1990-an dengan kondisi jalan bervariatif. Mulai dari jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun bukit dan lembah.

Di sepanjang perjalanan menuju pantai, hamparan perbukitan serta rumah-rumah penduduk khas Timor akan menemani perjalanan Anda. Kurang lebih setelah 2,5 jam berkendara, pengunjung akan menemukan persimpangan yang apabila lurus maka akan menuju Pantai Kolbano.

Berikut tadi adalah 10 potret bagaimana eksotisme padang pasir yang berada di Pantai Oetune. Bagi yang ingin berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk tetap menjaga keasriannya ya! (acs)

pelitaonline

Read Previous

Status Gunung Raung Waspada, Jalur Pendakian Ditutup

Read Next

Cegah Klaster Keluarga, 619 Petugas Polisi Disebar Tiap RW

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *