Kemensos Salurkan Bantuan Rp 229 juta bagi Korban Banjir Bandang Puncak Bogor 

Kondisi kawasan Gunung Mas Puncak, Bogor setelah diterjang banjir bandang pada Selasa 19 Januari 2021

Bogor, Pelitabaru.com

Kementerian Sosial telah menyalurkan bantuan kepada korban banjir bandang di Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor. Bantuan tersebut disalurkan secara bertahap.

Bantuan tahap I berupa makanan bayi, selimut, matras dan logistik lainnya dengan total anggaran senilai Rp 107.357.775.

Kemudian, menyalurkan bantuan tahap II berupa kebutuhan pengungsian seperti perlengkapan memasak, piring, bumbu masak, gas elpiji, perlengkapan mandi, mencuci, pembalut, pampers dan lainnya dengan total nilai anggaran sebesar Rp. 121.643.665

Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kemensos Rachmat Koesnadi mengatakan, setelah melihat kondisi lapangan dan berdasarkan arahan Menko PMK, Kemensos kembali menyalurkan bantuan tahap II

“Ini sebagai bentuk negara hadir membantu masyarakat,” kata Rachmat usai meninjau lokasi banjir bandang di Gunung Mas, Rabu (2/1/2021).

Selain itu, Kemensos juga menerjunkan taruna siaga bencana (TAGANA), SDM PKH, TKSK, Karang Taruna dan relawan lainnya sebanyak 350 orang. Bantuan para relawan ini untuk membantu melakukan evakuasi.

“Mereka akan bersama TNI-POLRI dan Pemda melakukan evakuasi dan memberikan pertolongan kepada korban ” ujar Rachmat.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah membuka dapur umum sejak hari pertama setelah kejadian untuk memenuhi kebutuhan makanan para pengungsi maupun relawan yang bertugas.

“Dapur umum itu telah memasak sebanyak 900 bungkus pada tanggal 19 dan hari ini memasak 1.120 bungkus bagi pengungsi,” jelas Rachmat.

Data BPBD mencatat sebanyak 169 kepala keluarga (KK) atau 730 jiwa terdampak banjir bandang telah mengungsi. Akibat bencana alam ini, dua unit rumah dan satu warung rusak. (acs)

 

Achmad Zedun

Read Previous

Menko PMK Rekomendasikan Tanam Pohon Keras di Lokasi Banjir Bandang Puncak

Read Next

Sulbar Kembali Diguncang Gempa Magnitudo 4,2

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *